Sukses

Nyeri Dada pada Riwayat Penyempitan Pembuluh Darah Jantung

12 Jun 2017, 16:25 WIB
Pria, 65 tahun.

Slamat malam Dokter, sy ada penYempitan jantung, sy sdh pernah pompa jantung dg Dokter Peter Kabo tahun 98. Sampe skrg baru sy ada keluhan yg sakit sekali. Yg sy rasakan seperti rasa tebal di jantung sy. Selama ini sy pakai norvash dan farsorbit 5. Sy mau tnya, rasa tebal yg di jantung sy itu kenapa ya Dok. Dan sy hrs minum obat apa. Trmkasih atas perhatiannya Dokter.

Terimakasih telah bertanya seputar penyakit jantung melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Kapan Anda terakhir kontrol terkait penyakit jantung ini? Apakah tekanan darahnya terkontrol selama ini? Bagaimana dengan pengendalian gula darah Anda? Apakah terdapat diabetes?

Bila Anda memiliki riwayat penyempitan pembuluh darah jantung, ada risiko untuk mengalaminya kembali. Wujudnya berupa nyeri dada. 

Ada berbagai macam nyeri dada, yang bersifat nyeri tajam hingga nyeri tumpul. Pada tipe lainnya, nyeri dada dirasakan sebagai nyeri yang membakar/perih atau seperti tertekan benda berat. Pada sebagian kasus, nyeri dada dapat menjalar ke leher, rahang, ke punggung, hingga ke lengan atas. Seperti apakah nyeri dada yang Anda rasakan?

Nyeri dada yang berhubungan dengan serangan jantung dapat berupa:

  • Rasa penuh/seperti tertekan pada dada
  • Nyeri seperti terbakar (sangat sakit) yang menjalar ke punggung, leher, rahang, bahu, dan lengan atas (khususnya lengan atas kiri)
  • Nyeri yang lebih dari beberapa menit, semakin memburuk dengan aktivitas, hilang timbul, dan dengan intensitas nyeri yang bervariasi
  • Nyeri yang disertai: sesak nafas, keringat dingin, kelemahan tubuh atau rasa melayang, serta mual/muntah

Di samping nyeri dada akibat jantung, bisa juga disebabkan oleh gangguan di luar jantung seperti paru-paru atau sakit mag. Keluhan nyeri berupa:

  • Rasa asam/pahit/sensasi ada makanan di dalam mulut
  • Kesulitan menelan
  • Nyeri yang membaik/memburuk dengan perubahan posisi tubuh
  • Nyeri yang makin sakit ketika bernafas dalam atau batuk
  • Nyeri pada saat Anda memberikan tekanan pada dada

Untuk memastikan penyebabnya, Anda perlu berkonsultasi ulang dengan dokter Anda. Paling tidak melakukan pemeriksaan rekam jantung dan USG jantung (echocardiography). Bila semuanya normal, mungkin disebabkan oleh kelainan pada organ lain.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar penyakit jantung. Semoga bermanfaat. (FA)

0 Komentar

Belum ada komentar