Sukses

Tip Berpuasa Bagi Penderita Mag

12 Jun 2017, 16:02 WIB
Wanita, 21 tahun.

Dok, saya punya penyakit maag yang gampang sekali kambuh kalau telat makan. Misalnya saya skip makan karena pekerjaan, malamnya saya makan, tidak berapa lama perut saya sakit sekali. Namun akan hilang dengan sendirinya kalau saya istirahat. Saat ramadhan seperti sekarang, maag saya semakin sering, hampir setiap hari dok, hari ini nafas saya sesak dan tidak nyaman, apakah itu karena asam lambung saya yang naik dok? Apa solusi yang bisa saya lakukan untuk menjalankan puasa dengan lancar tanpa memperburuk maag saya dok? Terimakasih.

Terimakasih telah bertanya tentang puasa pada penderita mag melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami keinginan Anda untuk berpuasa meskipun sakit mag.

Penyakit mag tidaklah menghalangi Anda untuk berpuasa. Namun demikian ada hal-hal yang perlu diperhatikan ketika Anda berpuasa agar mag tidak kambuh.

Wajib makan sahur
Makan sahur adalah hal yang wajib bagi penderita mag yang ingin berpuasa, dikarenakan makan sahur dapat menyiapkan energi selama berpuasa dan mencegah lambung dalam keadaan kosong.

Jangan tidur setelah sahur dan perbanyak makan serat
Hindari tidur kembali segera setelah sahur, karena dapat meningkatkan sekresi asam lambung. Keadaan tersebut akan membuat proses pencernaan berjalan menjadi lebih lambat dan menyebabkan perasaan lapar saat bangun tidur. Selain itu, perbanyaklah makan serat saat sahur, karena dapat membuat Anda tidak cepat lapar.

Segera berbuka
Saat berbuka puasa segeralah minum minuman yang hangat dan manis, lalu bisa dilanjutkan dengan makan makanan ringan yang manis seperti kurma. Makan dan minum minuman yang manis dapat menormalkan kadar gula dalam tubuh setelah berpuasa seharian dan makanan yang manis tersebut akan mudah diserap oleh tubuh.

Makan secukupnya
Sebaiknya Anda makan dengan secukupnya, agar tidak terjadi peregangan dinding lambung yang berlebihan sehingga lambung dapat berkontraksi dengan rileks. Selain itu, saat berbuka jangan langsung makan dengan porsi besar, yaitu nasi beserta lauk pauk. Berbukalah dengan makanan kecil terlebih dahulu, makan besar bisa dilakukan satu jam setelah berbuka. Hal tersebut dilakukan agar asam lambung tidak langsung meningkat dan menimbulkan keluhan yang membuat Anda tidak nyaman. Di samping itu agar kadar gula darah juga tidak tiba-tiba tinggi akibat konsumsi makanan dalam jumlah besar.

Kelola stres dengan baik
Stres akan memicu peningkatan asam lambung sehingga mengiritasi dinding lambung. Akibatnya keluhan sakit mag dapat muncul.

Minum obat teratur
Saat puasa jadwal untuk minum obat menjadi berubah. Obat mag dapat diminum saat sahur, berbuka puasa, dan tengah malam sebelum tidur.

Selain tip di atas, hindari atau batasi pula makanan pedas, terlalu asam dan yang mengandung gas (kol, sawi, minuman bersoda) dan konsumsi kopi atau teh agar keluhan mag jarang kambuh.

Yang terakhir, berkonsultasilah dengan dokter Anda terkait dengan obat-obatan mag yang dapat Anda konsumsi saat puasa.

Baca juga:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar puasa pada penderita mag. Semoga bermanfaat. (FA)

0 Komentar

Belum ada komentar