Sukses

Bahaya Berat Badan Kurang

12 Jun 2017, 11:51 WIB
Wanita, 22 tahun.

Dokter saya mau tanya, jika wanita 22th tinggi 155cm, tapi beratnya 35kg apakah bahaya dan bagaimana cara agar bisa tambah berat badan, harus makan/beli vitamin apa? Riwayat sakit cuma magh+tidak napsu makan/gampang mual... Terimakasih

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Terima kasih telah bertanya seputar bahaya berat badan kurang melalui fitur Tanya Dokter

Berdasarkan penghitungan IMT (Indeks Massa Tubuh), nilai anda adalah 17 ,14 kg/m2 dan termasuk dalam kategori underweight. Apakah bisa dibilang berbahaya ? Jawabannya adalah iya. Pada orang underweight yang paling sering terjadi adalah malnutrisi, defisiensi protein, anemia, dan kekurangan nutrisi yang penting bagi tubuh. Hal ini pada jangka panjang dapat menyebabkan gangguan jantung, menurunkan kekebalan tubuh, depresi, dan menurunnya fungsi otak. 

Anda perlu meningkatkan jumlah kalori setiap harinya dan mengkonsumsi makanan-makanan yang bernutrisi tinggi. Makanlah lebih banyak karbohidrat pada setiap porsi makanan anda. Karbohidrat bisa didapatkan melalui konsumsi nasi, roti, kentang, gandum, ubi-ubian dan oatmeal. Pastikan setiap porsi makanan anda mengandung protein (daging-dagingan, ikan, telur, kacang-kacangan), serat dan vitamin ( sayur-sayur hijau, dan buah-buahan). Serta yang tidak kalah pentingnya adalah lemak yang sehat (susu sapi, kuning telur, keju,minyak zaitun, minyak ikan) dan bukan lemak tidak sehat seperti pada jeroan, kulit, dan lemak. 

Ubah pola makan anda secara perlahan, dan jangan langsung makan dalam porsi yang besar, melainkan bertahap hingga makin lama makin besar. Kami sarankan anda berkonsultasi dengan dokter spesialis gizi klinis untuk memberikan pola diet yang tepat untuk anda, serta memeriksa apakah ada kekurangan gizi yang serius.


Demikian informasi yang bisa disampaikan seputar berat badan kurang, Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar