Sukses

Penanganan untuk hidrokel

12 Jun 2017, 11:41 WIB
Pria, 38 tahun.

Dok adakah jalan keluar selain oprasi untuk kasus hydrokel dok ? Terimakasih sebelum nya.

dr. Aldo Ferly

Dijawab Oleh:

dr. Aldo Ferly

Terima kasih telah bertanya seputar penanganan hidrokel melalui fitur Tanya Dokter.

Hidrokel merupakan sebuah kantung yang berisi cairan yang mengelilingi testis sehingga menyebabkan pembengkakan kantung kemaluan (sktorum). Keadaan ini umum ditemukan pada bayi baru lahir. Sebagian besar hidrokel menghilang sendiri tanpa terapi dalam 1 tahun pertama kehidupan. Anak laki-laki yang lebih besar dapat mengalami hidrokel karena proses peradangan atau cidera dalam kantung kemaluan.

Hidrokel umumnya tidak berbahaya dan tidak mempengaruhi kesuburan, namun dapat dihubungkan dengan kondisi testis yang dapat menyebabkan komplikasi serius seperti infeksi atau hernia inguinalis.

Menurut letak kantong hidrokel terhadap testis, secara klinis dibedakan beberapa macam hidrokel, yaitu
(1) hidrokel testis,
(2) hidrokel funikulus, dan
(3) hidrokel komunikan

Pembagian ini penting karena berhubungan dengan metode operasi yang akan dilakukan pada saat melakukan koreksi hidrokel. Hidrokel yang tidak menghilang dengan sendirinya perlu ditatalaksana dengan tindakan operasi (hidrokelektomi) ataupun aspirasi(disedot isi cairannya dengan jarum).

Indikasi operasi hidrokel adalah:

  • Hidrokel bertambah besar sehingga dapat menekan pembuluh darah.
  • Indikasi kosmetik.
  • Hidrokel permagna yang mengganggu aktifitas sehari-hari.

Tidak semua kasus hidrokel ini perlu dioperasi, operasi ini diperlukan apabila kasus hidrokel Anda memenuhi syarat diatas tersebut. Sebaiknya diskusikan ya dengan dokter Anda mengenai kemungkinan untuk menunda operasi apabila tidak siap.

Aspirasi cairan hidrokel kurang dianjurkan dianjurkan karena selain angka kekambuhannya tinggi, kadang kala dapat menimbulkan penyulit berupa infeksi. Diskusikanlah dengan Dokter Bedah Anak Anda mengenai pilihan terapi yang sesuai.

Demikian informasi yang dapat disampaikan seputar Penanganan hidrokel ini. Semoga bermanfaat.
Salam sehat,

    0 Komentar

    Belum ada komentar