Sukses

Cara Menggunakan Pil KB

12 Jun 2017, 02:37 WIB
Wanita, 24 tahun.

Hi Dok, saya baru pertama kali pakai PIL KB. Dari yang saya baca aturan sebenarnya itu kan harus minum antara 1 - 5 hari masa haid tapi saya pertama minum setelah masa haid dan pada hari yang ke 9 (telah minum PIL KB 9 tablet) saya berhubungan dengan pasangan saya. Karena dari yang saya baca untuk pengguna pertama pil KB baru akan bisa berhubungan setelah 7 hari. Yang saya mau tanyakan Pertama, Apakah ada kemungkinan untuk terjadi kehamilan? kedua, saya menggunakan pil KB 21 tablet. Saya kurang paham apakah setelah tablet ke 21 habis saya istirahat tidak meminum pil KB selama 7 hari? dan setelah 7 hari saya memulai minum dari awal lagi?

Terima kasih telah bertanya tentang cara minum pil KB menggunakan fitur Tanya Dokter.

Terdapat dua jenis kontrasepsi pil, yaitu pil kominasi dan mini pil (pil progestin). Untuk penggunaan pil kombinasi, walaupun bisa sebagai kontrasepsi darurat, sebaiknya diyakinkan dahulu bahwa Anda tidak hamil atau dicurigai hamil. Waktu mulai sebaiknya pada hari pertama sampai hari ke 7 siklus Haid atau terlebih dahulu melakukan testpack. Boleh menggunakan pada hari ke 8, tetapi perlu menggunakan metode kontrasepsi yang lain (kondom) mulai hari ke 8 hingga hari ke 14 atau tidak melakukan hubungan seksual sampai Anda telah menghabiskan paket pil tersebut.

Untuk mini pil, boleh digunakan setiap saat asal tidak hamil atau dicurigai hamil. Dapat dimulai pada hari pertama sampai hari ke 5 siklus haid atau melakukan testpack sebelumnya. Bila dimulai pada hari ke 5 siklus haid, jangan melakukan hubungan seksual selama 2 hari atau menggunakan metode kontrasepsi lain untuk 2 hari saja.

 

Demikian, semoga informasi terkait cara minum pil KB ini bermanfaat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar