Sukses

Hamil Kembar

12 Jun 2017, 02:37 WIB
Wanita, 20 tahun.

Selamat siang Dok jika diusia kandungan 32 Minggu janin yg satu beratnya 1,6 air ketuban cukup tetapi yang satunya lagi 1,4 dan mempunyai air ketuban yg sangat pas2an Bagaimana cara yg cepat agar berat badan nya seimbang sebelum melahirkan dok

Terima kasih telah bertanya tentang Hamil Kembar melalui fitur Tanya Dokter

Pertama-tama saya ingin menjelaskan sedikit mengenai perkembangan janin kembar dibandingkan janin tunggal.

Selama 2 triwulan pertama kehamilan, janin kembar berkembang pada kecepatan yang sama dengan janin tunggal. Namun, pada triwulan terakhir, jumlah berat badan kedua janin sama dengan berat badan satu janin pada kehamilan tunggal. Dengan kata lain, berat badan janin tunggal terus meningkat sampai minggu ke-40 kehamilan, sedangkan peningkatan berat badan pada janin kembar menurun mulai minggu 30 - 32 kehamilan. Karena itu, bayi kembar cenderung lebih kecil dibandingkan bayi tunggal yang lahir pada usia kehamilan yang sama.

Pada awal triwulan ketiga, janin kembar sebetulnya mempunyai keuntungan dibandingkan janin tunggal dalam hal perkembangannya, karena perkembangan mereka sedikit lebih cepat sampai minggu ke 30 kehamilan. Sebagai contoh, bayi kembar yang dilahirkan pada minggu ke-30 mungkin memiliki perkembangan paru yang lebih baik dan memiliki masalah karena kelahiran prematur yang lebih sedikit dibandingkan bayi tunggal yang lahir pada usia kehamilan yang sama.

Pada usia kehamilan 32 minggu biasanya janin kembar memiliki berat masing-masing antara 1,5 - 2 kg dengan panjang sekitar 40 cm. Jadi berat kedua janin Anda masih dalam kategori normal.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan terkait Hamil Kembar. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar