Sukses

Berat Badan Malah Naik Saat Puasa

12 Jun 2017, 01:02 WIB
Pria, 21 tahun.

Dok saya mau nanya. Saya kan selalu puasa tapi kenapa berat badan saya malah bertambah yang tadinya stagnan di angka 70-an skrg malah jadi 77 yang seminggu sebelumnya 74. Supaya saya dapat menurunkan berat badan itu gimana caranya ya?

Terimakasih telah bertanya tentang menjaga berat badan selama puasa melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Tidak makan dan minum selama kurang lebih 12 jam yang dilakukan dalam jangka panjang (1 bulan) menyebabkan metabolisme tubuh Anda menurun. Ketika metabolisme tubuh menurun, pembakaran kalori akan berkurang, dan tubuh cenderung menyimpan segala sesuatu yang dimakan. Karena itu, makan sedikit dapat memicu kenaikan berat badan. Di samping itu juga disebabkan oleh:

  1. Makanan pada saat sahur lebih sering terdiri dari makanan berat dengan kalori tinggi dan  tinggi karbohidrat.
  2. Makanan pada saat berbuka juga lebih sering makanan berat dengan kalori tinggi, tinggi karbohidrat, tinggi lemak dan jumlah yang banyak.
  3. Pada malam hari, setelah berbuka, seringkali dilanjutkan dengan mengkonsumsi camilan atau makanan penutup dengan kalori yang tinggi.
  4. Rendah konsumsi buah dan sayuran.

Untuk mencegah peningkatan berat badan, Anda perlu memilih/mengatur jenis dan porsi makanan saat sahur dan berbuka dan juga olahraga. Olahraga akan membentuk otot dari protein-protein yang dimakan. Semakin banyak massa otot, semakin banyak kalori yang dibakar dan lebih sedikit lemak yang disimpan. 

Berikut adalah 10 tips untuk menurunkan berat badan di samping berolahraga:

  1. Sarapan tinggi protein untuk mengurangi craving dan asupan kalori selama sehari.
  2. Hindari minuman bergula dan jus buah. Minuman-minuman ini cepat meningkatkan berat badan.
  3. Minum air putih setengah jam sebelum makan. Sebuah studi memperlihatkan bahwa minum air 30 menit sebelum makan akan menurunkan berat badan sebanyak 44% dalam waktu 3 bulan.
  4. Pilih makanan yang kurang meningkatkan berat badan. Contohnya: telur utuh, sayuran hijau, salmon, brokoli, kembang kol, kol, daging sapi tanpa lemak, dada ayam, kentang rebus, kacang merah, kacang hijau, lentil, keju, alpukat, oatmeal, nasi merah, buah-buahan, dan yoghurt.
  5. Makan serat yang dapat larut seperti oatmel, kacang-kacangan, biji-bijian, dan apel.
  6. Minum kopi atau teh. Kafein di dalamnya dapat meningkatkan pembakaran kalori dalam tubuh Anda. Tentunya gunakan sedikit gula.
  7. Hindari makanan siapa saji/processed foods.
  8. Makan dengan perlahan. Orang yang makan dengan cepat, lebih cepat mengalami peningkatan berat badan. Makan dengan perlahan membuat Anda merasa kenyang dan meningkatkan hormon yang menurunkan berat badan.
  9. Gunakan piring yang lebih kecil. Penelitian menunjukkan bahwa secara otomatis, orang akan cenderung makan lebih sedikit jika menggunakan piring yang lebih kecil.
  10. Miliki waktu tidur yang cukup setiap malam. Kurang tidur sangat berisiko meningkatkan berat badan.

Kami sertakan pula beberapa artikel berikut untuk Anda baca:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar menjaga berat badan saat puasa. Semoga bermanfaat. (FA)

0 Komentar

Belum ada komentar