Sukses

Tukak Lambung dan Hipotensi

11 Jun 2017, 23:18 WIB
Pria, 21 tahun.

Dokter, saya ingin bertanya, pengobatan apa yang hrus dilakukan jika lambung mengalami luka ? dengan ciri-ciri : lambung terasa perih jika terlambat makan, setelah makan perih dan pusingnya hilang, makan tidak mampu banyak dalam sekali makan, tidak mampu beraktivitas terlalu lama, kalau lagi duduk agak lama mata terasa gelap, badan terasa lemas semuanya tulang-tulang mau lepas, ?? apakah penyembuhannya akan lama???

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Terima kasih telah bertanya seputar tukak lambung melalui fitur Tanya Dokter

Kemungkinan besar keluhan yang anda alami adalah 2 hal yang berbeda. Keluhan mata menjadi gelap saat duduk terlalu lama biasanya disebabkan oleh hipotensi ortostatik. Hipotensi ini disebabkan oleh gravitasi dan dapat diatasi dengan minum lebih banyak, serta menambah konsumsi garam harian sekitar 2gr/hari

Pengobatan untuk gastritis/maag dan tukak lambung adalah :

  • Perubahan pola makan. Makan dalam porsi kecil, namun lebih sering. Sekitar setiap 3-4 jam. Hindari makan porsi besar sekaligus
  • Hindari makanan yang biasa mencetuskan nyeri.
  • Obat-obatan. Antasida untuk keadaan akut, apabila perut terasa perih, dan obat pengontrol asam lambung seperti ranitidin dan omeprazol/esomeprazol/lansoprazol.
  • Olahraga rutin dan hindari rokok

Kombinasi dari ke 4 hal ini merupakan pengobatan dan pengontrol untuk penyakit gastritis dan tukak lambung.

Harus diperhatikan, bahwa kesembuhan dari penyakit ini tidak bisa instan. Disiplin dalam menjaga pola hidup dan minum obat dapat mempercepat kesembuhan.

Namun apabila tukak lambung sudah berat atau disebabkan karena bakteri, maka diperlukan penangan lebih lanjut. kami sarankan anda berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam untuk pemeriksaan dan pengobatan lebih lanjut.

Demikian informasi yang dapat disampaikan seputar tukak lambung, Semoga bermanfaat

 

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar