Sukses

Mengatasi Nyeri Perut dan Kembung

11 Jun 2017, 22:17 WIB
Pria, 42 tahun.

Sore dok, Beberapa bulan yg lalu sy memulai kebiasaan makan bubur kacang ijo dipagi hari seblm sarapan nasi. Selang beberapa lama , feses sy terlalu encer tiap kali bab. Tp sy tidak merasakan sakit apapun. Lama2 kelamaan sy sering kembung , sakit dibawah pusar. Macam obat sy minum dr mulai enzimplex smp obat nyeri ibufrofen. Bberapa minggu ini sy minum probiotik, agak mendingan berkurang sakit di perut dan kembungnya. Tp harus rutin tiap pagi sy minum, klo lolos sehari..kambuh lg. Sy jg minum kapsul kunyit putih. Sama,tidak boleh lolos sehari. Sakit nya akan kambuh seharian ,kembung, mual, demam , kurang nafsu makan, lemas dan susah tidur. Apa dokter bs memprediksi sakit apa saya? Dan penyebab nya apa? Cara mengobatinya bagaimana? Klo ke dokter, mungkin sy cuma dikasi enzimplex dan obat maag aj. Tidak menyelesaikan masalah yg inti nya. Terima kasih atas perhatian dokter

Terima kasih telah mengajukan pertanyaan mengenai nyeri perut dan kembung melalui fitur Tanya Dokter.

Keluhan yang Anda berikan menggambarkan adanya gangguan di saluran pencernaan. Tidak terlalu spesifik untuk menunjukkan suatu penyakit tertentu. Harus dilakukan pemeriksaan fisik dan anamnesis atau wawancara riwayat penyakit lebih dalam lagi, seperti sejak kapan keluhan ini Anda rasakan, pola makan Anda, kebiasaan Anda (merokok, kopi, alkohol), apakah nyeri perut dan kembung berhubungan dengan makanan, berapa kali Anda BAB dalam sehari, apakah BAB Anda berwarna hitam, dan beberapa pertanyaan lagi untuk lebih menyempitkan diagnosis atau penyebab dari keluhan Anda.

Apabila Anda memang tidak mengalami perubahan atau keluhan Anda tidak berkurang setelah berobat ke dokter internist (dokter pertama kali), maka kontrol kembali ke dokter tersebut agar dapat diambil tindakan lebih lanjut, mungkin dengan tambahan pemeriksaan penunjang untuk menegakkan diagnosis. Kami sarankan untuk berkonsultasi kembali secara langsung ke dokter Anda.

Untuk sementara Anda dapat melakukan beberapa langkah berikut:

Hindari makanan pedas, terlalu asam dan yang mengandung gas (kol, sawi, minuman bersoda)

Hindari dahulu konsumsi kopi atau teh.

Makan sedikit-sedikit namun sering (porsi kecil dan sering) bisa hingga 5x dalam sehari

Jangan terlambat makan (bawa bekal bila memang sulit untuk makan saat kerja)

Usahakan dalam diet makanan yang sehat, banyak sayur dan buah, serta karbohidrat, lemak yang sehat (hindari makanan siap saji dan daging olahan seperti sosis, chicken nugget, hot dog)

Coba hindari stres, coba alihkan ke kegiatan lain bila stres memang sangat menggangu.

Demikian informasi kami sampaikan mengenai nyeri perut dan kembung, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar