Sukses

Menstruasi Tidak Teratur dan GERD

11 Jun 2017, 22:37 WIB
Pria, 24 tahun.

Halo dok, ijinkan saya menanyakan beberapa hal. Saya usia 24 tahun, dan selama ini siklus menstruasi saya kurang teratur, berkisar antara 3 minggu-1.5 bulan, dan setiap kali menstruasi hanya 3-4 hari. Saat ini sudah 2 bulan lebih dan saya belum haid juga. Selain itu juga muncul beberapa tanda yang tidak biasanya saya alami, yaitu payudara tampak lebih besar dan sensitif, vagina selalu terasa lembap, sering bersendawa dan mual (tanda-tanda tersebut sudah terjadi selama 1 minggu terakhir), yang saya pikir PMS (walaupun sebelumnya saya tidak pernah mengalami tanda-tanda seperti itu), tetapi sampai saat ini belum haid juga. Apakah hal tersebut normal? Saya belum menikah dan belum pernah berhubungan seksual. Saya juga mengalami GERD kronis yang kurang terkontrol selama 1 tahun terakhir (kadang sesak nafas, jantung berdebar, heartburn). Apakah bisa pengaruh dari GERD juga? Mohon informasinya ya dok. Terima kasih.

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Terimakasih telah bertanya tentang Penyebab Terlambat Haid melalui fitur Tanya Dokter.

Telat datang bulan memang salah satu tanda kehamilan, namun tidak pasti. Siklus haid memang dapat maju atau mundur, tidak selalu tepat waktu.

Siklus menstruasi normalnya berkisar antara 21-35 hari dan berlangsung selama 3-7 hari. Bagaimana dengan siklus haid anda selama ini?

Penyebab tidak haid ada banyak sekali, belum tentu terjadi kehamilan. Adapun gangguan siklus menstruasi umumnya terjadi akibat gangguan keseimbangan hormonal, yang dapat disebabkan oleh beberapa keadaan, antara lain:

  • Pada 3-5 tahun pertama setelah haid pertama
  • Pasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia)
  • Pasien dengan indeks massa tubuh (IMT) > 30
  • Malnutrisi (kurang gizi)
  • Stres psikologis
  • Atlet
  • Kekurangan vitamin K
  • Penggunaan obat-obatan tertentu
  • Kelainan pembekuan darah
  • Gangguan hormon tiroid

Selain gangguan hormonal, dapat juga terjadi gangguan organ kandungan. Untuk memastikannya, dapat dilakukan pemeriksaan USG kandungan. Berkaitan dengan penyakit GERD anda bisa saja terdapat  hubungan, namun hubungan yang tidak langsung. GERD, diet dan stress berkontribusi dalam gangguan hormon, sehingga salah satu gejala yang anda alami adalah payudara terasa nyeri dan kencang. 

Namun kami sarankan anda memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan untuk pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.

 

Demikian informasi yang dapat disampaikan seputar penyebab terlambat haid, semoga bermanfaat .

0 Komentar

Belum ada komentar