Sukses

Mimisan dan Nyeri Lambung

11 Jun 2017, 21:16 WIB
Pria, 24 tahun.

saya suka mimisan dan kadang lambung saya terasa nyeri sangatt sakitt , kira kira gejala penyakit apa yang saya derita ?

Terima kasih telah bertanya seputar mimisan dan nyeri lambung menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Mimisan atau yang dikenal sebagai epistaksis dalam bahasa kedokteran adalah perdarahan dari hidung akibat pecahnya pembuluh darah di dalam hidung yang sering ditemukan sehari-hari, dan hampir sebagian besar dapat berhenti sendiri. Berbagai penyebab mimisan dibagi menjadi 2 bagian besar yaitu lokal dan sistemik. Penyebab lokal yang tersering adalah trauma, infeksi, tumor ganas dan kelainan bawaan. Penyebab lainnya adalah kelainan sitemik, seperti penyakit jantung, kelainan darah, infeksi, perubahan tekanan atmosfer dan gangguan endokrin. Selain faktor-faktor tersebut, bersin yang terlalu keras pun dapat menyebabkan perlukaan pada hidung yang berujung pada keluarny darah dari hidung.

Sejak kapan keluhan ini timbul? Apakah pencetus terjadinya mimisan pada Anda? berapa banyak darah yang keluar dari hidung tiap mimisan? apakah Anda memiliki riwayat penyakit tertentu?

Data-data di atas perlu diketahui untuk mencari sebab yang paling mungkin menyebabkan keluhan pada Anda. Namun, karena kurangnya data yang ada serta keterbatasan kami unuk melakukan pemeriksaan fisik maka kami tidak dapat memastikan penyebabnya. Oleh karena itu, untuk memastikan apakah gejala ini berkaitan dengan gangguan kesehatan yang lebih serius, kami sarankan Anda untuk berkonsultasi langsung dengan dokter THT untuk pemeriksaan lengkap dan penanganan optimal segera, terlebih jika Anda cukup sering mengalaminya.

Terkait keluhan nyeri lambung yang Anda alami, sangat banyak hal yang dapat menyebabkan keluhan tersebut, salah satu yang tersering adalah dispepsia atau mag. Salah satu cara untuk menangani keluhan tersebut adalah dengan membagi jadwal makan lebih sering dalam sehari dengan porsi yang lebih kecil. Selain itu, hindari juga asupan kopi, teh, makanan asam, makanan pedas, serta makanan goreng, bila Anda sering mengalami keluhan tersebut.

Mengingat pentingnya wawancara medis dan pemeriksaan fisis dalam menentukan diagnosis, kami juga menyarankan Anda untuk berkonsultasi dengan dokter secara langsung bila keluhan Anda menetap, untuk menentukan diagnosis dan penanganan yang paling sesuai bagi Anda. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter umum atau dokter spesialis penyakit dalam.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar