Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

21 Tahun

LanjutkanStop Disini

Vagina Merah dan Berbintik saat Menstruasi

11 Jun 2017, 21:17 WIB
Wanita, 15 tahun.

Dok, begini. Kalau sya sdng mnstruasi, mulut vgina sya kok memerah, trus kyak bintik2 jga. Itu terjadi kalau sya mnatruasi pda hari-hari pertama. Trus biasanya sya juga mengalamai mnstruasi lbih dri 7 hari. Ini knpa yah dok? Trimaksih.

Terima kasih telah bertanya seputar vagina memerah dan berbintik saat menstruasi menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Daerah bibir luar vagina termasuk daerah yang memiliki kelenjar sebasea. Daerah kemaluan adalah daerah yang cukup lembab karena lokasinya dan selalu tertutup celana dalam. Maka dari itu, kelenjar sebasea ditambah daerahnya yang lembab membuat kulit daerah tersebut menjadi lebih mudah terinfeksi.

Bintil-bintil kecil di daerah vulva (sekitar vagina) dapat disebabkan oleh berbagai macam sebab, diantaranya:

1. kondiloma akuminata (kutil kelamin)
2. moluscum kontagiosum (infeksi virus pox)
3. herpes simplex (infeksi virus herpes)
4. scabies (infeksi oleh kutu)
5. jerawat

Bintik-bintik tersebut dapat juga berasal dari kelenjar sebasea yang sedang aktif.

Selain itu ada juga beberapa penyakit yang dapat menyebabkan benjolan pada daerah bibir vagina. Berikut ini beberapa penyakit yang dapat menyebabkan benjolan pada bibir vagina:

1. Kista Bartholin/abses kelenjar Bartholin. Kista ini berasal dari kelenjar bartholin yang tersumbat. Setiap wanita memiliki sepasang kelenjar bartholin pada bibir vagina. Kelenjar yang tersumbat menyebabkan munculnya benjolan (kista) dan dapat pula terinfeksi sehingga meradang. Bila sudah radang, maka benjolan akan menjadi nyeri, kemerahan, dan hangat. Bila terdapat nanah kemungkinan sudah menjadi abses/bisul.
2. Fibroma: tumor jinak yang berasal dari jaringan ikat pada bibir vagina
3. Lipoma: tumor jinak yang berasal dari jaringan lemak.
4. Sarkoma: tumor ganas yang berasal dari jaringan ikat.
5. Adenocarcinoma Bartholin: tumor ganas dari kelenjar Bartholin

Apakah Anda sudah melakukan kebersihan alat kelamin dengan benar, keputihan patologis yang disertai dengan munculnya bentol pada bibir vagina dapat disebabkan oleh kebersihan yang kurang dijaga. Selain pengobatan, diperlukan juga disiplin menjaga kebersihan kelamin, dengan cara:

  • Sering mengganti celana dalam apabila berkeringat atau lembab
  • Menghindari penggunaan celana ketat yang terbuat dari bahan yang tidak menyerap keringat
  • Apabila ingin menggunakan panty liner pilihlah yang tidak mengandung pengharum dan tidak digunakan selama lebih dari 4-6 jam
  • Menghindari penggunaan produk pembersih kemaluan yang dapat menyebabkan perubahan keasaman dan keseimbangan bakteri dalam liang kemaluan ibu
  • Bila hendak membilas setelah buang air kecil, lakukanlah dengan arah dari depan ke belakang menggunakan handuk.

Saran kami adalah Anda memeriksakan diri ke dokter karena dibutuhkan informasi lebih jauh mengenai ukuran, bentuk, warna, rasa nyeri, lokasi tepat dll. Kelainan kulit dan kelamin memang memerlukan pemeriksaan langsung untuk diagnosis, oleh karena itu periksakanlah ke dokter.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar