Sukses

Belekan Mata

11 Jun 2017, 20:27 WIB
Pria, 15 tahun.

mata kanan saya seperti ada daging bulat, tapi bukan di kelopak mata melainkan di kulit kanan dalam mata, mata selalu keluar belek lengket, solusinya apa ya dok?

Terima kasih telah bertanya seputar sakit mata menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Jika ada belekan berwarna kekuningan yang terus menerus keluar, bisa jadi ini tanda infeksi pada mata. Pada penyakit mata akibat infeksi, kuman dapat berada dalam sekret/cairan mata. Dan bergantung pada kuman penyebabnya, penularan dapat terjadi melalui udara, dari ibu ke janin selama kehamilan, dari ibu ke bayi saat melahirkan, atau kontak dengan sekret/cairan mata, baik langsung maupun tidak langsung. Sebagai contoh: menggosok mata setelah berjabat tangan dengan penderita yang menggunakan tangan yang sama yang ia pakai untuk menggosok matanya, menggunakan handuk yang sama dengan yang digunakan penderita untuk membasuh mukanya, dsb.

Penangannya dapat dilakukan pemberian obat tetes mata antibiotik seperti obat tetes gentamisin. Namun, kami sarankan periksakan diri Anda ke dokter mata dahulu.

Hal ini sebenarnya dapat dicegah dengan menerapkan kebiasaan yang paling mendasar dan penting, yakni cuci tangan. Bagi penderita sangat dianjurkan untuk mencuci tangan setelah memegang serta mengobati mata, membuang tisu yang telah digunakan ke tempat sampah, serta memisahkan handuk yang biasa dipakai agar tidak terpakai oleh orang lain.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar