Sukses

Flek Saat Haid

11 Jun 2017, 10:43 WIB
Wanita, 23 tahun.

Slmt sore dok, saya mau tanya. 3 bulan terakhir ini haid saya tdk teratur, bulan Maret sama sekali tdk haid, kemudian bulan april saya haid, tp 12 hari pasca haid keluar lg darah haid. Untuk bulan mei saya haid sprti biasa jatuh pd tgl 12mei. Sekitar tgl 25 mei keluar flek berwarna kecoklatan dan cuma 1 hari. Kemudian sekitar tgl 31 mei seperti itu lg, keluar flek kecoklatan lg tp sedikit2.. Apakah itu termasuk darah haid yg blm bersih atau keputihan yg berwarna coklat? Apakah itu berbahaya atau tidak? Sblmnya sy blm prnh mengalami flek kecoklatan sprti itu. Smpe skg kdg msh suka ada flek kecoklatan sprti itu walau sedikit2. Untuk bulan juni sy blm haid. Mohon penjelasan nya dok, saya hrs bagaimana?

Terima kasih telah mengajukan pertanyaan mengenai flek saat haid melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Keluhan Anda saat ini adalah flek kecoklatan saat haid yang berlangsung lama. Adanya flek-flek darah yang keluar dari kemaluan bisa memiliki banyak arti. Sebelumnya kami ingin menanyakan bagaimana siklus haid anda? Apakah selama ini teratur? Apakah keluhan mengeluarkan flek terjadi terus menerus setiap harinya? Timbulnya flek-flek darah dapat mengindikasikan adanya gangguan siklus haid akibat gangguan keseimbangan hormon atau dapat juga berasal dari perdarahan akibat infeksi di saluran reproduksi.

Flek darah yang terjadi akibat gangguan hormon biasanya disertai pula oleh perubahan dalam pola mesntruasi. Gangguan keseimbangan hormon dapat terjadi pada :

Pada 3-5 tahun pertama setelah haid pertama
Pada pasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia)
Pada penderita obesitas
Orang dengan stres psikologis
Orang dengan aktivitas berlebih seperti atlit
Gangguan indung telur
Kekurangan vitamin K
Penggunaan obat-obatan tertentu
Kelainan pembekuan darah
Gangguan hormon tiroid
Dll.
Jika siklus haid Anda tidak terganggu, bisa jadi flek-flek darah tersebut terjadi akibat adanya infeksi di saluran reproduksi Anda. Disamping menyebabkan flek-flek darah, infeksi pada saluran reproduksi biasanya ditandai dengan adanya keputihan yang abnormal, yaitu keputihan yang berubah warna dari warna bening menjadi warna putih susu, keabuan, hingga kehijauan, dapat disertai bercak-bercak darah, berbau, banyak dan disertai oleh rasa gatal atau terbakar di daerah kemaluan. Apakah Anda mengalami gangguan keputihan?

Jika keluhan flek sering Anda alami kami sarankan Anda untuk melakukan konsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk dapat dilakukan pemeriksaan fisik menyeluruh.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai flek saat haid, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar