Sukses

Anak Bersikap Aneh, Apakah Autis?

11 Jun 2017, 15:04 WIB
Pria, 32 tahun.

Akhir2 ini saya melihat anak saya yang berumur 13 tahun suka bersikap aneh. Jika berbicara, dia ngomong nya lambat-lambat dan saya tidak mengerti yang dia bicarakan. Akhir2 ini dia selalu teriak2 (kalau dalam waktu tertentu) dan jika saya memanggil nya walaupun suara saya keras-keras, dia tidak mendengarnya. Nafsu makan menurun dan selalu mengurung diri di kamar, dia hanya suka main 1 mainan saja. Dia mulai aneh saat umurnya 12. Dia selalu bawa kartu2 setiap kami pergi. Apakah dia autis, dok?

Terima kasih telah bertanya tentang anak bersikap aneh dan autisme melalui fitur Tanya Dokter. 

Kami memahami kekhawatiran Anda. Ijinkan kami menjelaskan mengenai autisme. Autisme merupakan gangguan perkembangan fungsi otak yang mencakup bidang sosial dan fungsi afek, komunikasi verbal (bahasa) dan non verbal, imajinasi, fleksibilitas, lingkup minat, kognisi dan atensi.

Penyebab pasti dari autisme belum diketahui. Beberapa penelitian membuktikan bahwa beberapa penyebab autisme adalah ketidakseimbangan biokimia, faktor genetik dan gangguan imunitas tubuh. Beberapa kasus yang tidak biasa disebabkan oleh infeksi virus (TORCH), penyakit- penyakit lainnya seperti fenilketonuria (penyakit kekurangan enzim), dan sindrom X (kelainan kromosom). Faktor konsumsi bahan makanan ibu selama hamil memang diduga memiliki potensi dalam perkembangan autisme, namun hal ini masih menjadi kontroversi mengingat belum ada penelitian yang membuktikannya.

Untuk mengetaui dengan jelas, kondisi yang dialami anak Anda, kami sarankan Anda berkonsultasi dengan dokter psikiatri anak untuk diagnosis jelasnya serta terapi yang tepat. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai anak bersikap aneh dan autisme. Semoga bermanfaat. Salam 

0 Komentar

Belum ada komentar