Sukses

Haid Tidak Kunjung Datang

11 Jun 2017, 15:16 WIB
Wanita, 19 tahun.

Dok, saya kemarin tanggal 23 mei pada hari rabu keluar lendir coklat tua sampai pada hari minggu tanggal 27 akan tetapi semakin hari semakin muda warna nya, kemudian setelah itu hanya keluar cairan putih saja, terkadang gatal dan juga saya mengalami beberapa gejala lain seperti pusing, perut keram seperti hendak haid akan tetapi muncul hilang, terkadang badan saya panas, tetapi mengapa sampai sekarang belum keluar darah haid juga ya dok harusnya awal bulan juni sudah haid

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.com

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Keluarnya flek sebelum menstruasi memang hal yang wajar terjadi. Selain itu, gejala-gejala yang Anda sebutkan kemungkinan mengarah ke Premenstrual Sindrom (PMS). Sindroma premenstruasi adalah gejala yang terjadi sebelum atau selama fase menstruasi, yang merupakan kombinasi dari fisikal distres, psikologikal, dan atau perubahan tingkah laku, dimana gejala tersebut sangat parah sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari.

Hal ini terjadi karena perubahan hormonal di tubuh yang memang kerap dialami oleh wanita ketika menstruasi. Kelelahan bukanlah penyebab namun dapat merupakan pencetus yang memperberat gejala. Selain kondisi yang lelah, stres atau pikiran juga dapat memperberatnya. Gejala tipikal PMS muncul sekitar 2 minggu sebelum waktu menstruasi berikutnya, semakin memburuk seiring dengan dekatnya waktu menstruasi, dan membaik setelah menstruasi. Hal tersebut wajar terjadi dan tidak berbahaya.  

Keterlambatan haid dapat terjadi akibat gangguan hormonal maupun gangguan organ reproduksi. Adapun gangguan siklus menstruasi umumnya terjadi akibat gangguan keseimbangan hormonal, yang dapat disebabkan oleh beberapa keadaan, antara lain:

Pada 3-5 tahun pertama setelah haid pertama

Pasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia)

Pasien dengan indeks massa tubuh (IMT) > 30

Malnutrisi (kurang gizi)

Stres psikologis

Atlet

Kekurangan vitamin K

Penggunaan obat-obatan tertentu

Kelainan pembekuan darah

Gangguan hormon tiroid

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam, RF

0 Komentar

Belum ada komentar