Sukses

Perkembangan Anak Terganggu Akibat Infeksi Toxoplasma dan CMV

11 Jun 2017, 13:29 WIB
Wanita, 26 tahun.

Q pnya anak usia 1bln,dia trkena virus toxoplasma & cmv.smpai skrg anak q blm bs pa2.anak q blm bs mngangkt kepala,msih lemas.kaki y pun blm bs menapak,msih gumatung.mhon pndpt n solusi y dokter?tks

dr. Jeannyfer HJ

Dijawab Oleh:

dr. Jeannyfer HJ

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter.

Halo, kami memahami kekhawatiran Anda.

Kemungkinan anak Anda teriknfeksi virus toxoplasma dan CMV sejak dalam kandungan.

Apakah yang Anda maksud umur anak Anda 1 tahun ?

Jika benar umur anak Anda 1 bulan, perkembangan bayi 1 bulan belum dapat mengangkat kepala dan belum menapak adalah normal. Seorang anak mulai belajar mengangkat kepala dengan tegak pada posisi telungkup pada usia 3-6 bulan.

Jika saat ini anak Anda umur 1 tahun, terjadi perkembangan yang terhambat sebagai dampak dari infeksi toxoplasma dan CMV.

Bayi yang terinfeksi toxoplasma akan mengalami gangguan fungsi saraf yang mengakibatkan keterlambatan perkembangan psikomotor dalam bentuk gangguan kecerdasan maupun keterlambatan perkembangan bicara, serta kejang kejang dan kekakuan yang akhirnya menimbulkan keterlambatan motorik.

CMV memang penyebab paling sering gangguan pendengaran sejak lahir karena menyerang saraf pendengaran. Biasanya bayi lahir tanpa gejala lain seperti inflamasi retina, gejala kuning, pembesaran hati dan limpa, atau merah-merah pada kulit, namun sudah terjadi gangguan pada saraf pendengaran.

 Pada 3 tahun pertama otak bayi seperti spons yang menyerap rangsangan atau stimuli, baik dari penglihatan maupun pendengaran. Adanya gangguan penerimaan rangsang, dalam hal ini rangsang suara, juga akan berakibat tidak berkembangnya kemampuan wicara anak.

Kami sarankan Anda membawa anak Anda ke tumbung kembang dan dokter Anak untuk evaluasi dan tatalaksana selanjutnya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam Sehat

 

0 Komentar

Belum ada komentar