Sukses

Cara Mengatasi Alergi Pada Kulit

11 Jun 2017, 14:54 WIB
Pria, 21 tahun.

Assalaamu'alaikum warahmatullaahi wabarakatuh. Langsung ke poin sj dok ya. Saya kini telah memasuki usia mhsiswa. Sy dari umur 10 tahunan memiliki riwayat penyakit alergi di telinga dan kaki. Ukuran di kaki dulunya 3 kali ukuran uang logam. Dan alhamdhulillah sudah sembuh. Adapun di telinga sebenarnya sudah sembuh juga, namun kambuh lagi. Sy biasa ke puskesmas untuk diperiksa dan obat yg diberikan dokter manjur. Namun kali ini sy tdk di tempat tinggal asal sehingga susah ke puskesmas. Biasanya alergi saya muncul tanpa sebab yg sy ketahui dgn pasti (namun ada indikasi makan udang), namun yg jelas, jika alerginya kambuh, bahkan makanan yg berpenyedap rasa atau vitsin/MSG, sj dapat memperburuk kondisinya yg sebelum kambuhnya tdk ada masalah. Sy sdh dua minggu mencoba untuk tdk memakan makanan yg berpenyedap, namun masih saja tdk membaik. Luka alergi sy ini basah dan tdk cocok klw diberi krim salep, namun jika didiamkan agak lama, bisa kering, namun tiba2 basah lagi. Biasanya sy diberi dokter di puskesmas obat tablet (sy tk lgi ingat nama obtnya) dan itu membuat lukanya kering dan dapat diberi krim salep. Itu tentang alergi sy dok. Mungkin saran obat tablet dan juga saran yg lain. Terima kasih telah meluangkan waktu menjawab konsul sy.

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih atas kepercayaan anda berkonsultasi di klikdokter.com

Alergi adalah reaksi tubuh yang berlebihan terhadap benda asing tertentu atau yang disebut alergen. Apabila alergen masuk ke dalam tubuh seseorang, melalui berbagai cara, baik terhisap, tertelan, ataupun kontak dengan kulit, maka sistem kekebalan tubuh seseorang yang memiliki alergi akan aktif dan menimbulkan reaksi yang berlebihan. Faktor genetik (keturunan) memegang peranan yang sangat penting dalam kasus alergi. Jika kedua orang tua memiliki alergi maka anaknya akan mengalami kecenderungan besar untuk mengalami alergi juga.

Seseorang dengan riwayat alergi tertentu dapat juga memiliki alergi terhadap beberapa hal. Hal yang paling penting dalam penanganan alergi adalah pengenalan akan faktor penyebab dan menghindarinya. Untuk itu, Anda harus meneliti penyebab apa yang membuat kemunculan keluhan Anda, apakah produk kulit yang baru dipakai, makanan atau cuaca seperti apa saja yang menyebabkan Anda alergi dan menghindarinya. Dalam kasus Anda, kemungkinan besar penyebab keluhan Anda adalah cuaca panas dan daging.

Alergi tidak dapat hilang sepenuhnya, yang dapat dilakukan bagi penderita alergi adalah dengan melakukan pencegahan atau penghindaran dari materi-materi yang dapat menyebabkan alergi. Maka, penting bagi Anda untuk mengetahui apa saja yang dapat memicu timbulnya reaksi alergi Anda dan menghindarinya.

Mengatasi Alergi dengan Antihistamin

Alergi terjadi saat sistem kekebalan tubuh melepaskan zat kimia yang disebut dengan histamin, sebagai respon saat kontak dengan alergen (penyebab alergi). Histamin merupakan salah sat zat kimia yang menyebabkan peradangan dan berbagai reaksi alergi pada kulit, saluran pernapsan maupun mata.

Saat histamin dilepaskan selama proses reaksi alergi, Anda akan mengalami gejala-gejala alergi.

Meskipun antihistamin tidak bisa menyembuhkan gejala-gejala alergi, obat ini bisa menghambat efek histamin dan mengurangi gejala-gejala yang Anda alami. Antihistamin membantu meredakan gejala-gejala di saluran pernapasan, kulit dan mata.

Antihistamin akan bekerja lebih baik jika digunakan sebelum Anda merasakan gejala-gejala alergi. Jika digunakan secara teratur, antihistamin bisa membentuk perlindungan dalam darah untuk melawan alergen dan pelepasan histamin. Tapi, jangan lupa berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakannya.

Namun sayang sekali kami tidak dapat memastikan apakah kondisi yang Anda alami adalah alergi atau bukan, karena dibutuhkan anamnesis dan pemeriksaan fisik serta pemeriksaan penunjang lebih lanjut. Yang Anda lakukan dengan mengunjungi dokter sudah tepat. Namun, seperti yang kami jelaskan di atas, satu-satunya cara paling efektif dalam mengatasi alergi adalah menghindari pemicu. Gejala akan kembali muncul jika Anda terpapar dengan hal atau bahan pemicu alergi.


Semoga jawaban kami dapat menjawab pertanyaan Anda.
Hormat kami, RF

0 Komentar

Belum ada komentar