Sukses

Mengatasi Benjolan di Vagina

11 Jun 2017, 10:42 WIB
Wanita, 18 tahun.

Mau tanya dok, dipinggir vagina saya ada benjolan,awalnya saya kira itu jerawat,lalu saya pencet,ternyata tdk keluar apa apa..saya diam kan,tp kok lama lama sepertinya membesar dok,dan skrng agak berwarna merah..ini gimana ya dok?

Terima kasih telah mengajukan pertanyaan mengenai benjolan di vagina melalui fitur Tanya Dokter.

Ada beberapa penyakit yang dapat menyebabkan benjolan pada vagina. Berikut ini beberapa penyakit yang dapat menyebabkan benjolan pada bibir vagina:

Kista Bartholin/abses kelenjar Bartholin. Kista ini berasal dari kelenjar bartholin yang tersumbat. Setiap wanita memiliki sepasang kelenjar bartholin pada bibir vagina. Kelenjar yang tersumbat menyebabkan munculnya benjolan (kista) dan dapat pula terinfeksi sehingga meradang. Bila sudah radang, maka benjolan akan menjadi nyeri, kemerahan, dan hangat. Bila terdapat nanah kemungkinan sudah menjadi abses/bisul.
Fibroma: tumor jinak yang berasal dari jaringan ikat pada bibir vagina
Lipoma: tumor jinak yang berasal dari jaringan lemak.
Sarkoma: tumor ganas yang berasal dari jaringan ikat.
Adenocarcinoma Bartholin: tumor ganas dari kelenjar Bartholin
Pembengkakan kelenjar getah bening. Biasanya disebabkan karena ada infeksi, terutama bila timbul keputihan atau gatal pada vagina.

Untuk mengatasi benjolan diperlukan pemeriksaan ke dokter. Dari pemeriksaan fisik, Dokter akan dapat memberikan terapi yang sesuai dengan kondisi Anda. Saran kami adalah Anda memeriksakan diri ke dokter.

Demikian informasi yang dapat Kami sampaikan mengenai benjolan di vagina. Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar