Sukses

Digigit Serangga, Luka Gigitan Menjadi Terinfeksi

11 Jun 2017, 13:03 WIB
Pria, 20 tahun.

Selamat malam dokter. perkenalkan saya Timothy. Pria, 20 tahun. Bagian betis saya seperti di gigit binatang, terlihat memerah dan saya anggap itu biasa karena gatal dan akhirnya saya pakai minyak kayu putih dan bedak sallycil. lama kelamaan terjadi edema/bengkak seperti membesar ( kayak bisul ) dan gatal dimana saya garuk lalu luka pun terjadi. saya cuci tapi luka tetap ada dan membengkak dan ada nanah di dalam bengkak.saya pakai obat tradisional cina yang namanya " tieh ta yao gin " dan alhasil luka sedikit menutup. sudah hampir seminggu luka seperti ini dan saya menjadi takut. kata orang-orang karena nanah masih ada dalam bengkak tersebut sehingga luka masih basah. apakah itu bisa dicuci ataukah harus dikeringkan ? obat apa yang harus saya minum dokter ? apakah antibiotik ? bagaimana cara membersihkan karena kata keluarga saya jangan kenakan air agar tetap kering tapi kan kalau ga dicuci2 bisa ada bakteri.. jadi bagaimana dok ??? mohon seluruh penjelasannya. terima kasih.

dr. Jeannyfer HJ

Dijawab Oleh:

dr. Jeannyfer HJ

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Halo, kami memahami kekhawatiran Anda.

Kemungkinan luka Anda telah mengalami infeksi sekunder pada bagian gigitan serangga. Untuk menangani keluhan tersebut sebenarnya memerlukan pemeriksaan langsung oleh dokter. Apakah nanah sudah dapat dikeluarkan/tidak atau memerlukan antibiotik terlebih dahulu sebelum mengeluarkan nanah. Infeksi pada kulit apabila sudah menimbulkan demam terdapat beberapa kemungkinan diagnosis, dalam dunia medis kami menyebutnya dengan erisipelas, selulitis, dan flegmon tergantung kedalaman infeksi. 

Hindari keadaan yang dapat memperparah infeksi, misalnya menggaruk terlalu kencang, mencuci dengan air kotor, memegang luka dengan tangan kotor atau belum dicuci. Selain itu, apakah Anda memiliki riwayat diabetes/kencing manis ? Umumnya penyakit ini juga dapat memberatkan luka Anda.

Untuk menangani keluhan Anda, kami menyarankan untuk segera mengunjungi dokter spesialis kulit kelamin untuk mendapatkan penanganan segera. Jika infeksi terus berkembang diperlukan pengobatan yang lebih agresif lagi, seperti pemberian antibiotik intravena dan rawat inap.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 Salam Sehat

 

0 Komentar

Belum ada komentar