Sukses

Tanda Kelaianan Kuku Bagi kesehatan Tubuh

11 Jun 2017, 11:11 WIB
Wanita, 21 tahun.

dok bener gak sih kalau kuku kita tidak ada lunulanya ( bentuk sabit) pertanda ada penyakit tertentu dalam tubuh kita?

dr. Jeannyfer HJ

Dijawab Oleh:

dr. Jeannyfer HJ

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter.

Halo, kami memahami kekhawatiran Anda.

Lunula sendiri sebenarnya adalah akar kuku yang terlihat dari luar. Pada beberapa sumber disebutkan bahwa memang bentuk dan tidak adaan lunula ini dapat mencerminkan kondisi kesehatan orang yang bersangkutan.

Ketidak adaan lunula pada kuku dapat menjadi indikasi kurang darah/ anemia yang dapat menyebabkan sering mengantuk dan malnutrisi, sedangkan bentuk lunula yang mirip piramida dapat mencerminkan trauma yang terjadi pada kuku. Selain bentuk, warna lunula juga dikatakan dapat mencerminkan kondisi kesehatan seseorang. Lunula yang berwarna biru pucat dapat menjadi indikasi adanya penyakit diabetes mellitus. Bila lunula berwarna merah, beberapa kondisi kesehatan yang mungkin terjadi pada orang yang bersangkutan diantaranya : penyakit jantung, kelainan darah dan gangguan kolagen pada pembuluh darah. Akantetapi bentuk dan warna lunula ini bukan merupakan petanda pasti, melainkan hanya sebagai indikator dari kemungkinan gangguan kesehatan yang dapat terjadi. Gangguan kesehatan hanya dapat dipastikan melalui pemeriksaan langsung secara menyeluruh, bukan hanya dari bentuk lunula.

Beberapa kelainan pada kuku lain dapat menunjukkan adanya gangguan pada tubuh.

Beberapa tanda kuku Anda dapat ebrarti kelainan pada tubuh antara lain :

1. Kuku Pucat
Kuku yang pucat dapat menunjukkan beberapa penyakit serius seperti Anemia, gagal jantung, penyakit hati dan malnutrisi.

2. Kuku Putih
Kalau kuku menunjukkan warna putih dengan ujung kuku yang lebih gelap dapat menunjukkan kelainan pada hati seperti hepatitis.

3. Kuku Kuning

Infeksi jamur merupakan penyebab paling sering kuku menjadi kuning. Saat infeksi menjadi berat, kuku dapat menebal dan lepas. Pada beberapa kasus perubahan warna kuning pada kuku dapat menunjukkan beberapa penyakit serius seperti gangguan tiroid, penyakit paru-paru, diabetes atau penyakit kulit psoriasis.

4. Kuku Biru
Perubahan warna kuku menjadi biru belum tentu selalu menunjukkan bahwa tubuh kekurangan oksigen. Perubahan warna ini juga dapat menunjukkan infeksi pada paru-paru seperti pneumonia. Beberapakelainan pada jantung juga dapat menimbulkan kuku biru.

5. Kuku Berdesir
Bentuk kuku ini dapat merupakan suatu pertanda awal penyakit psoriasis atau arthritis (radang sendi). Dapat juga terjadi perubahan warna, kulit dibawah kuku dapat berubaha menjadi merah-coklat.


6. Kuku Pecah/Terbelah
Kuku yang kering, dan mudah pecah atau terbelah banyak dikaitkan dengan penyakit tiroid. Kuku yang pecah dan terbelah disertai warna kekuiningan dapat menunjukkan infeksi jamur.

7. Bengkak Pada Lipatan Kuku
Bila kulit disekitar kuku terlihat merah dan bengkak disebut sebagai peradangan dari lipatan kuku. Namun hal ini juga dapat menunjukkan penyakit lupus ataupun kelainan jaringan ikat. Infeksi juga dapat menunjukkan bengkak dan kemerahan pada lipatan kuku.

8. Garis Hitam Pada Kuku
Munculnya garis hitam dari bawah kuku harus segera dilakukan pemeriksaan karena dapat menunjukkan melanoma suatu jenis kanker kulit yang berbahaya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam Sehat

0 Komentar

Belum ada komentar