Sukses

Gatal Pada Scrotum Dan Bintik Putih Pada Batang Penis

11 Jun 2017, 11:11 WIB
Pria, 24 tahun.

Saya donk sering mengalami gatal pada buah zakar dan ada bintik putih banyak seperti jerawat kecil pada batang penis? Bagaimana pendapat dokter berbahaya kah bagi saya?

dr. Jeannyfer HJ

Dijawab Oleh:

dr. Jeannyfer HJ

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Halo, kami memahami kekhawatiran Anda.

Bintik putih di batang penis dapat disebabkan oleh infeksi biasa, infeksi menular seksual, alergi, kista, hingga penyakit autoimun.

Berikut adalah beberapa kemungkinan penyebabnya:

Hirsutis corona glandis (pearly penile papules). Bintik-bintik berbentuk kubah atau runcing dengan diameter kurang dari 0,5 cm, Dapat sewarna kulit atau tampak keputihan dan biasanya berada di kepala penis. Bintik-bintik ini tidak ditularkan melalui hubungan seksual, serta tidak berbahaya.
Moluskum kontagiosum, adalah infeksi virus pada kulit berbentuk bulat, berbatas tegas, yang dapat gatal dan meradang. Di bagian tengahnya terdapat bintik putih yang ketika dikeluarkan konsistensinya seperti nasi.
Infeksi kutu kelamin. Ini paling sering terjadi pada remaja, dapat menimbulkan gatal, kemerahan, dan rasa panas/perih di kemaluan.
Herpes genitalis akibat infeksi virus Herpes Simpleks. Biasanya berupa bintil berisi cairan jernih atau nanah, yang berkelompok. Kulit di dasarnya berwarna kemerahan dan bisa terdapat nyeri.
Skabies. Disebabkan oleh tungau kecil yang menyebabkan gatal, terutama di malam hari.
Infeksi jamur. Biasanya ruam kemerahan disertai rasa gatal dan kulit bersisik.
Kista yang terbentuk akibat folikel rambut kemaluan tertutup.
Kutil kelamin.
Keratosis pilaris. Bintik-bintik ini mirip dengan jerawat dan biasanya akibat terlalu banyak keratin, sebuah protein kulit yang menutupi folikel rambut.
Folikulitis. Yaitu infeksi folikel rambut.

Gatal pada scrotum dapat disebabkan antara lain oleh peradangan kulit (dermatitis, salah satunya neurodermatitis, dermatitis karena iritasi), infeksi jamur, alergi, dsb. Jika muncul keluhan gatal yang terkait dengan konsumsi makanan tertentu maka dapat juga terjadi reaksi alergi di daerah skrotum. Penanganan alergi yang terutama adalah dengan melakukan penghindaran terhadap bahan-bahan yang menyebabkan alergi.

Diperlukan pemeriksaan langsung oleh dokter. Untuk itu, kami sarankan Anda mengunjungi dokter untuk pemeriksaan langsung jika keluhan ini semakin mengganggu. Dokter akan dapat memberikan penanganan yang tepat setelah pemeriksaan.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam Sehat

0 Komentar

Belum ada komentar