Sukses

Kopi dan Nyeri Ulu Hati

11 Jun 2017, 11:15 WIB
Wanita, 18 tahun.

Dok saya minum kopi hitam .. Habis 2 gelas ... Tapi sesudah minum kopi 2 gelas ... Perut aku uluh hati terasa sakit dok

Terima kasih telah bertanya seputar ulu hati sakit setelah minum kopi menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Untuk rekomendasi jumlah yang dapat dikonsumsi berbeda-beda setiap literatur namun sebaiknya memang yang baik untuk tubuh adalah 1-2 cangkir dalam sehari.

Journal of Physiology & Behavior menunjukkan rata-rata tingkat metabolisme tubuh pada orang yang mengkonsumsi kafein meningkat 16% dibandingkan yang tidak mengkonsumsi kafein. Namun bukan berarti hanya dengan meminum kopi dapat membuat kurus. Untuk menurunkan berat badan diperlukan juga diet yang sehat dan olahraga minimal 3x/minggu.

Hubungan antara kopi dan kesuburan masih menjadi kontroversi. Namun, ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa konsumsi kafein tinggi dapat menurunkan kesuburan pada wanita/memperlambat konsepsi. Menurut penelitian yang dilakukan di University of Nevada School of Medicine, kafein dapat menurunkan kemampuan kontraksi (gerakan) otot pada tuba fallopi (saluran yang mengantarkan sel telur dari ovarium ke rahim). Jika Anda berencana untuk hamil, sebaiknya hindari makanan/minuman tinggi kafein, alkohol, dan rokok.

Tapi jangan dikonsumsi secara berlebihan karena dapat menyebabkan gangguan tidur, nyeri perut (gastritis/maag) dengan gejala mual, nyeri ulu hati, mulas, dan gangguan irama jantung.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar