Sukses

Mengatasi Pusing Saat Berpuasa

11 Jun 2017, 08:38 WIB
Pria, 28 tahun.

Kepala sering pusing ketika berpuasa. Sakit kepala hanya sebagian. Apakah penyebabnya & apa solusinya dok? Mohon saran dan petunjuk makanan yg dpt menghilangkan rasa pusing ini? Terima kasih...

Terima kasih telah mengajukan pertanyaan mengenai pusing saat berpuasa melalui fitur Tanya Dokter. 

Pencetus pusing paling sering saat berpuasa adalah rendahnya kadar gula darah. Bila Anda mengalaminya, atasi dengan beberapa cara berikut:

Hentikan pergerakan sejenak

Untuk menghindari jatuh karena pusing yang tiba-tiba, berpeganganlah pada benda kokoh di sekitar Anda seperti dinding atau kursi. Hentikan sejenak pergerakan sampai rasa pusing mereda, lalu lanjutkan aktivitas.

Hindari panas

Pusing dapat juga muncul karena paparan sinar matahari dan udara panas. Karena itu, saat berpuasa, sebisa mungkin hindari paparan sinar matahari langsung atau berada di bawah matahari terlalu lama.

Sesuaikan lingkungan

Pada sebagian penderita vertigo, gejala dapat diredakan dengan mengatur lingkungan sedemikian rupa. Coba redupkan lampu dan hindari suara bising. Duduklah sebentar di ruangan dengan aliran udara yang sejuk untuk membantu meredakan pusing.

Istirahat

Jika cara di atas belum berhasil meredakan pusing Anda, coba pejamkan mata dan tidur sejenak. Jika Anda dalam posisi sedang beraktivitas, hindari tidur terlalu lama karena dapat memicu keluhan yang lebih parah saat bangun; tidur sekitar 15-30 menit juga sudah cukup.

Jika keluhan tetap berlanjut setelah melakukan beberapa hal di atas kami sarankan Anda untuk melakukan konsultasi lebih lanjut dengan dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.


Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai pusing saat berpuasa. Semoga bermanfaat.

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar