Sukses

Terlambat Haid, Apakah Hamil ?

11 Jun 2017, 09:52 WIB
Wanita, 25 tahun.

Dok saya baru melahirkan tanggal 31 januari 2017 saya melahirkan normal tetapi di induksi sehingga persalinan saya tidak sesuai hpl yang seharusnya lahir pada pertengahan februari. Setelah selesai masa nifas 40 hari saya langsung suntik kb 1 bulan pada bulan maret, Awal bulan april saya haid setelah haid saya suntik kembali pas awal mei saya haid lagi tp semasa disuntik kb saya merasa banyak terjadi keluhan sehingga setelah beres haid bulan mei saya berhenti untuk kb..pada bulan awal bulan juni sekarang seharusnya kalau mengikuti jadwal waktu di kb saya sudah dapat haid tapi sampai sekarang belum yang ada perut saya terasa perih, mual dan pusing.. Apa saya hamil? Tapi anak saya baru 4 bulan dan saya belum punya rencana untuk hamil lagi Mohon penjelasannya dok Terimakasih

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.com

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Pada dasarnya siklus menstruasi normal berlangsung selama 21-35 hari, dengan lama keluarnya darah haid berlangsung selama 2-8 hari. Terlambat haid memang bisa diartikan terjadinya kehamilan, namun bukan hanya kehamilan satu-satunya penyebab terlambat haid. Haid yang tidak teratur biasanya terjadi akibat adanya gangguan keseimbangan hormonal.Disamping itu, haid yang tidak teratur dapat juga terjadi pada :

  1. Gangguan indung telur, misal : Sindrome Polikistik Ovarium (PCOS)
  2. Stress dan depresi
  3. Sakit kronik
  4. Pasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia)
  5. Penurunan berat badan berlebihan
  6. Olahraga berlebihan, misal atlit
  7. Adanya tumor yang melepaskan estrogen
  8. Adanya kelainan pada struktur rahim atau serviks yang menghambat pengeluaran darah menstruasi
  9. Penggunaan obat-obatan tertentu, dsb

Pengobatan yang diberikan akan disesuaikan dengan penyebabnya. Tanda tanda kehamilan pada seorang wanita mencakup terlambat menstruasi, payudara membesar, diikuti oleh gejala mudah capai, sering berkemih, mual-muntah, peka terhadap aroma, dan sebagainya. Adakah Anda mengalami tanda-tanda tersebut? Namun, tanda dan gejala tersebut tidak akurat sehingga diperlukan pemeriksaan tes kehamilan untuk memastikan apakah seseorang hamil. Ada baiknya Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk mengungkap penyebab tidak haid pada diri Anda.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam, RF

0 Komentar

Belum ada komentar