Sukses

Testis Kiri dan Kanan Berbeda Ukuran

11 Jun 2017, 00:16 WIB
Pria, 23 tahun.

Terimakasih dr. Theresia Rina Yunita Menanggapi pertanyaan dokter : Sejak kapan keluhan dirasakan? Apakah ada benjolan di daerah selangkangan? Apakah ukuran testis kiri yang membesar tersebut semakin besar, hilang timbul, atau sama saja sejak pertama Anda melihat perbedaannya? Apakah ukuran bertambah saat Anda batuk atau mengedan? Apakah ada keluhan lain seperti nyeri buang air kecil, testis berwarna kemerahan, demam, gangguan buang air kecil, gangguan buang air besar? Umur 16 tahun testis sebelah kiri saya baru turun dan ukurannya kecil dan tetap sm sampai sekarang, ukurannya tdk berubah saat batuk atau ngedan, tdk ada benjolan di selangkangan, tdk mengalami nyeri buang air kecil, testis berwarna kemerahan, demam, gangguan buang air kecil, maupun gangguan buang air besar. Dan respon terhadap suhu jg sm seperti pd umumnya. Hanya sj terkadang diwaktu tidur baik dalam keadaan/posisi terlentang dan menghadap kanan, testis kiri tersebut kembali ke rongga perut dan pd waktu bangun, terkadang terasa nyeri saat kembali ke skrotum. Apakah ada kemungkinan ukuran dan fungsinya bs normal sprti milik laki-laki pd umumnya? Apakah ada metode pengobatan? Apakah dgn memakan makanan2 yg bergizi baik buah2an ataupun sayur2an dpt membuatnya menjadi normal? Terimakasih dok

Terima kasih telah bertanya tentang testis berbeda ukuran melalui fitur Tanya Dokter. 

Perlu diketahui sebelumnya bahwa struktur anatomi tubuh manusia memiliki beberapa variasi bentuk yang normal ditemukan. Dalam satu individu sekalipun, variasi ini dapat ditemukan seperti testis kiri tampak lebih turun dibandingkan yang kanan pada laki-laki, atau payudara kiri tampak lebih besar dibandingkan kanan pada perempuan. Selama perbedaan ini tidak mencolok (< 50% antara sisi kanan dengan sisi kiri), maka kondisi ini dapat dikatakan normal.

Perlu juga diperhatikan konsistensi dari testis Anda, apakah semakin membesar dan teraba keras. Apakah makin terlihat besar pada waktu Anda mengedan atau batuk dan lain sebagainya. Ukuran testis/skrotum yang membesar juga bisa disebabkan oleh hernia skortalis atau varikokel.

Kami sarankan Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis urologi atau spesialis bedah umum untuk memastikan diagnosisnya agar segera di terapi sesuai penyebabnya dan tidak menimbulkan gangguan, terutama gangguan kesuburan di kemudian hari. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai testis berbeda ukuran. Semoga bermanfaat. Salam. 

0 Komentar

Belum ada komentar