Sukses

Penderita Wasir dan Mata Minus, Bisakah Melahirkan Normal?

11 Jun 2017, 00:17 WIB
Pria, 27 tahun.

Dok saya mau tanya, untuk ibu hamil yang mempunyai riwayat mata minus and wasir, apakah bisa melahirkan secara normal?? Terima kasih dok

Terima kasih telah bertanya tentang penderita wasir dan mata minus melahirkan normal melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Wasir/ambeien atau dalam bahasa medis disebut hemorrhoid merupakan pembengkakan dan peradangan pada pembuluh darah balik (vena) pada daerah rektum atau dubur/anus. Keadaan ini umumnya ditandai olehadanya benjolan di dubur. Berdasarkan atas asal benjolannya, hemorrhoid dapat dibedakan menjadi hemorrhoid internal dan hemorrhoid eksternal.

Hemorrhoid eksternal dapat terlihat dari luar tanpa menggunakan alat apa-apa, umumnya akan menimbulkan keluhan nyeri, dapat terjadi pembengkakan dan iritasi. Jika terjadi iritasi, gejala yang ditimbulkan adalah berupa gatal.

Hemorrhoid interna muncul didalam rektum., biasanya tidak nyeri. Perdarahan dapat timbul jika mengalami iritasi. Perdarahan yang terjadi bersifat menetes.

Apakah Anda sudah pernah memeriksakan keluhan wasir/ambien Anda? Apa yang dikatakan dokter? Derajat berapakah wasir yang Anda alami sekarang? Apakah sekarang ada keluhan? Sebaiknya Anda memeriksakan diri dulu ke dokter untuk diketahui kondisi hemorrhoid Anda. Karena hemorrhoid terbagi beberapa derajat seperti yang sudah kami jelaskan di atas. Bila sudah parah tentunya membutuhkan penanganan lebih lanjut hingga operasi.

Beberapa keadaan yang dapat menyebabkan ataupun memperberat hemorrhoid antara lain terlalu banyak duduk, susah buang air besar, proses melahirkan, pembesaran prostat, terlalu sering mengangkat benda berat, dsb. Kesalahan makan juga dapat menyetuskan timbulnya gejala-gejala hemorrhoid, terutama jarang mengonsumsi serat dan kurang asupan cairan.

Bila memang kondisi hemorrhoid Anda masih ringan, tidak masalah bila Anda ingin melahirkan secara normal. Hemorrhoid tersebut tidak akan berpengaruh buruk pada bayi Anda, namun proses persalinan normal itu sendiri memang dapat memperberat hemorrhoid Anda. Kami sarankan sebaiknya Anda mendiskusikan hal ini dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan Anda untuk mendapatkan tatalaksana yang sesuai dan optimal serta memilih proses kelahiran yang lebih aman baik bagi ibu maupun janin.

Sementara Mengenai kelainan refraksi pada mata khususnya mata minus, sebenarnya tidak ada batasan secara tegas pada minus berapa masih dibolehkan melahirkan normal artinya resiko komplikasi pada mata tidak ada jika melahirkan normal.

Tetapi umumnya dipakai batasan minus 5 atau lebih, sebaiknya dilakukan seksio sesaria atau melahirkan dengan bantuan alat. Sedangkan dibawah minus 5 masih cukup aman untuk melahirkan normal. Hal ini dengan pertimbangan adanya resiko terjadi ablasio retina (lepasnya retina yg dapat menyebabkan kebutaan) lebih besar pada kondisi mata minus 5 atau lebih, sehingga banyak dokter spesialis kebidanan dan kandungan yang sangat berhati-hati mempertimbangkan keamanan melakukan persalinan normal pada ibu hamil dengan kondisi tersebut.

Namun ada beberapa penelitian baru yang menyebutkan bahwa mata dengan minus mata -4,5 hingga - 15 masih dapat melahirkan secara normal dan tidak timbul komplikasi selama kehamilan. Namun sebelum memutuskan cara persalinan normal, kami sarankan Anda agar memeriksakan retina Anda terlebih dahulu kepada dokter spesialis mata. Jika tidak ada kontraindikasi dari dokter kandungan dan dokter mata Anda, dapat dapat melahirkan secara normal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai penderita wasir dan mata minus melahirkan normal. Semoga bermanfaat. Salam.

 

0 Komentar

Belum ada komentar