Sukses

Proses Perkembangan Motorik Kasar Anak

10 Jun 2017, 23:43 WIB
Wanita, 30 tahun.

Dokter Saya Mau Tanya, anak Saya Dari USIA 1 bulan sudah bisa miring 2 Saya pikir Karna Dia kurus, Karna waktu lahir berat anak 29.tapi bertambah Nya berat badan Dia jadi jarang miring lagi, Dan ini sudah 2bulan 10hari miring kadang 2 tapi kadang kayak Mau tengkurep, berat nya sekarang 4kg, kemarin batuk pilex, sembuh trus pilex lagi, katanya pengaruh cuacanya, Dan gerakan Nya aktif ketika kakak nya menari, di depan nya, klo di gendong ga Mau kurus kayak bayi, Dia jg sering tersenyum, Dan sering liat ke Atas, apakah anak Saya alergi susu sapi ya dok, soalnya kadang Saya minum susu sapi murni Khan Saya menyusui, Dan kemarin Tak kasih susu formula, pas batuk, tp kadang 2 Saja, bahkan Dia tidak Mau minum, Hanya masuk dikit 2 Kira 2 ini normal ga ya dok. .tolong ya dok, makasih

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih atas kepercayaan anda berkonsultasi di klikdokter.com

Berikut perkembangan motorik kasar pada tiap usia.

3 bulan
Dapat mengangkat kepala setinggi 45 derajat

4 bulan
Dapat tengkurap

5-6 bulan
Dapat berguling dari posisi tengkurap

8 bulan
Dapat duduk tanpa dukungan

9 bulan
Dapat merangkak

10 bulan
Dapat berdiri

12 bulan
Dapat berdiri tanpa bantuan dan melangkah satu-satu

Penting adanya untuk tetap memberikan stimulasi tumbuh kembangnya dengan diiringi pemberian nutrisi cukup gizi yang optimal untuk tumbuh kembang anak.

Menurut kami perkembangan anak anda masih dalam batas normal. Apabila dalam pertumbuhan dan perkembangan anak dirasakan ada yang kurang sesuai, jangan ragu untuk membawa anak ke dokter untuk konsultasi lebih lanjut. 

Manifestasi klinis alergi protein susu sapi (APSA) pada anak paling banyak terlihat pada saluran pencernaan sebesar 50-60 persen. Sisanya terlihat di kulit dan saluran nafas. Gejalanya mulai dari ringan sampai berat hingga mengancam jiwa, seperti asma berat, udem laring, dan anafilaksis yang berakibat tidak sadar atau maut.Manifestasi pada saluran pencernaan biasanya dalam bentuk muntah, diare, dan diare berkepanjangan. Jika anak tidak mendapat pengobatan tepat, anak akan malnutrisi.apakah anak anda mengalami diare setelah mengkonsumsi susu?atau ada gejala-gejala alergi susu pada anak anda?

Alergi susu sapi adalah reaksi alergi yang melibatkan antibodi IgE terhadap satu atau lebih fraksi protein yang terdapat dalam susu. Alergi susu sapi sering dikacaukan dengan intoleransi lakstosa oleh karena gejalanya yang serupa. Bagaimanapun, intoleransi laktosa dan alergi susu sapi tidak berhubungan. Alergi susu sapi merupakan reaksi alergi yang dipicu oleh sistem imun, sedangkan intoleransi laktosa adalah masalah yang disebabkan oleh sistem pencernaan.

Alergi susu sapi adalah reaksi alergi sejati yang dapat dideteksi dengan tes darah dan/atau prosedur sederhana yang disebut uji cukit kulit untuk memastikan apakah anak anda alergi terhadap susu sapi.


Semoga jawaban kami dapat menjawab pertanyaan Anda.
Hormat kami, RF

0 Komentar

Belum ada komentar