Sukses

Perut Mulas Saat Hamil

10 Jun 2017, 08:04 WIB
Pria, 33 tahun.

Siang Dok... Saya mau tanya kenapa Pada kehamilan memasuki 28weeks perut saya terasa Mules tapi sebentar sebentar dateng lagi, tapi janin masih bergerak dan BAB saya Berair. Masa iya ini yang dinamakan konstipasi palsu lalu apa yang harus saya lakukan? Saya sudah konsultasi dengan bidan terdekat bidan juga tidak memberikan jawaban yang signifikan hanya memberi obat penghalang rasa sakit. Itu pun reaksi cuma sebentar saja Dok. Makasih Dok saya tunggu jawabannya😊

Terima kasih telah bertanya tentang perut mulas saat hamil melalui fitur Tanya Dokter. 

Perut kontraksi selama mengandung memang lumrah dirasakan para ibu hamil. Hanya saja, terkadang ketika kontraksi dirasakan berlebihan, banyak pula ibu hamil yang khawatir dan gamang apakah kontraksi yang ia rasakan normal atau tidak. Pada dasarnya kontraksi pada ibu hamil ada dua macam yaitu kontraksi persalinan palsu atau biasa disebut kontraksi Braxton Hicks dan kontraksi asli untuk proses persalinan. Kontraksi Braxton Hicks mulai ada saat usia kehamilan di atas enam minggu. Kontraksi palsu ini terjadi hanya sesekali, tidak rutin dan tidak terasa nyeri.. Oleh karena itu,seringkali kontraksi Braxton Hiks dirasakan oleh ibu. Saat usia kehamilan diatas 20 minggu barulah ibu mulai merasakan kontraksi Braxton Hicks ini di mana ia merasa perutnya tegang dan saat diraba rahimnya pun mengeras. Makin lama, kontraksi Braxton Hicks akan terasa makin kuat. Hingga terkadang kontraksi palsu ini bisa meyebabkan nyeri.

Jika perut terasa nyeri, ibu hamil disarankan mencoba perubahan posisi tidur miring ke kiri atau posisi sampai ia merasa nyaman. Apabila kontraksi semakin sering walaupun sudah merubah posisi, nyeri semakin hebat dan kontraksi berpola, misal setiap 10 menit sekali, maka kemungkinan ini pertanda proses kelahiran. Oleh karena itu, segera temui tenaga medis terdekat. Apabila proses kontraksi terjadi di bawah usia kandungan 37 minggu dan terus berlanjut hingga ibu merasakan nyeri, maka harus segera diatasi. Jika tidak, akan berbahaya karena dapat menimbulkan risiko terjadinya persalinan prematur.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai perut mulas saat hamil. Semoga bermanfaat. Salam.

0 Komentar

Belum ada komentar