Sukses

Gangguan Penciuman

10 Jun 2017, 19:37 WIB
Pria, 18 tahun.

Dok saya kadang kalo cium bau bau yang gurih apa liat makananya tiba tiba rasanya mual badan lemas padahal saya puasa perut kosong tapi rasanya pingin muntah sampe sampe perut sakit itu gejala apa ya

dr. Jeannyfer HJ

Dijawab Oleh:

dr. Jeannyfer HJ

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter.

Halo, kami memahami kekhawatiran Anda.

Izinkan kami menjelaskan tentang gangguan penciuman.

Gangguan penciuman terbagi menjadi 5 golongan

(1) anosmia: hilangnya bau

(2) hiposmia: berkurangnya sensitifitas terhadap bau

(3) disosmia: distorsi persepsi bau

(4) phantosmia: senses merasaan bau saat rangsangan sebenarnya tidak ada

(5) agnosia: ketidakmampuan untuk membedakan dan identifikasi bau secara lisan, walaupun sebenarnya kemampuan untuk membedakan bau masih dalam batas normal).

Gangguan penciuman disebabkan oleh 3 kelompok lokasi kerusakan:

Gangguan penghidu karena kelainan transport zat menuju reseptor penciuman, terjadi pada penderita rinitis alergi, rinitis bakterial, sinusitis, encenphalocele¸polip, septum deviasi, infeksi virus dan pembedahan.
Gangguan penghidu karena rusaknya reseptor penghidu, terjadi karena obat-obatan, terapi radiasi (pada kasus tumor), paparan zat beracun, infeksi virus.
Gangguan penghidu karena rusaknya jaras saraf hingga ke otak, terjadi karena adanya riwayat trauma kepala, Parkinson disease, kelainan congenital (Kallmann syndrome), malnutrisi, kekurangan vitamin B12 dan Zinc, rokok, hipotiroid, Cushing syndrome, diabetes mellitus, Alzheimer disease, dll.

Untuk menegakan diagnosis gangguan penghidu ini diperlukan anamnesis, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang. Onset timbulnya gejala penting untuk menentukan etiologi gangguan penghidu. Namun terkadang penderita tidak mengingat dengan pasti kapaan dan bagaimana sifat dari gangguan penghidu yang dialami, karena ganguan indra perasa yang terjadi justru lebih banyak dikeluhkan.

Pemeriksaan fisik secara langsung diperlukan untuk menilai adanya kelainan bentuk yang menyebabkan adanya sumbatan hjantaran (transport), apabila ditemukan radang natau adanya ingus kehijauan dan kelainan bentuk, maka pengobatan untuk mengatasi penyebab gangguan hantaran inilah yang akan di atasi terlebugh dahulu. Hanya 1%b po[pulasi yang mengalami gangguan penghidu tanpa sebab yang jelas dibawah usia 60 tahun. Pada individu dengan usia di atas 60 tahun, gangguan penghidu terjadi karena degenersi sel saraf (baik penghidu hingga korteks).

Anda dapat berkonsultasi dengan dokter THT untuk mengatasi gangguan penciuman Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam Sehat

0 Komentar

Belum ada komentar