Sukses

Vertigo Dan Tension Type Headache

10 Jun 2017, 19:37 WIB
Wanita, 41 tahun.

Knp ya dok,saya sering merasakn sakit leher dan pundak belakang,jg sering kyk pusing gitu.

dr. Jeannyfer HJ

Dijawab Oleh:

dr. Jeannyfer HJ

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter

Halo, kami memahami kekhawatiran Anda.

Sudah berapa lama keluhahan berlangsung?  Apakah pusing yang Anda maksud memiliki keluhan pusing berputar, mual, muntah dan bibir suka terasa tebal? Jika keluhan pusing berputar kemungkinan besar disebabkan oleh penyakit vertigo. Selain itu, ada kemungkinan Anda menderita sakit kepala tension. Berikut penjelasannya.

Vertigo

Vertigo didefinisikan sebagai rasa pusing berputar, sehingga sekeliling kita atau diri kita rasa berputar. Vertigo sendiri dapat dibedakan menjadi dua:

Vertigo sentral: gangguan pada saraf otak
Vertigo perifer: gangguan pada kanalis semisirkularis telinga, penyebab paling sering dari vertigo
Pada vertigo perifer, pencegahan yang terbaik adalah dengan mengatasi masalah pada organ keseimbangan tersebut, hal ini dapat dilakukan oleh dokter ahli telinga, hidung, dan tenggorokan (THT) atau oleh dokter spesialis syaraf. Dokter akan melakukan manuver-manuver yang berhubungan dengan posisi tubuh Anda (Hallpike maneuver) sehingga dapat mengurangi atau menyembuhkan vertigo. Bila sudah terlanjur terkena vertigo, pengobatan sederhana yang dapat menolong Anda adalah dengan mengkonsumsi obat-obatan, memejamkan mata, dan menjaga agar posisi kepala tidak bergerak.

Tension Type Headache

Pada TTH terdapat nyeri kepala tumpul, rasa seperti ada yang menekan/mengikat di sekitar dahi atau belakang kepala hingga leher. Jenis sakit kepala ini seringkali disebabkan karena stress dan paling sering terjadi pada orang dewasa.

Apabila terjadi pada <15 hari dalam sebulan, disebut dengan TTH episodik. Apabila terjadi lebih sering, disebut TTH kronik. TTH kronik dapat dirasakan hingga lebih dari 60-90 hari. Sakit kepala tipe ini dapat berlangsug selama 30 menit hingga beberapa hari.

TTH tipe episodik umumnya timbul secara perlahan, dan sering terjadi pada tengah hari. TTH tipe kronik bersifat hilang timbul dalam periode waktu yang lebih lama. Nyeri dapat makin bertambah atau berkurang sepanjang hari, tetapi tidak pernah benar-benar hilang.

Sakit kepala tipe ini dipicu oleh stress, baik stress pekerjaan, sekolah, keluarga, teman-teman, maupun lainnya. TTH tipe episodik disebabkan oleh kondisi tunggal yang menyebabkan stress atau stress yang sudah bertumpuk-tumpuk. Jika berlangsung setiap hari dapat menjadi kronik.

Jenis sakit kepala ini tidak diturunkan secara genetik dan terjadi karena otot yang menegang di belakang leher dan kulit kepala. Tegangan otot ini muncul karena beberapa hal berikut:

Kurang istirahat
Postur yang kurang baik
Stress emosional/mental, termasuk depresi
Kecemasan
Kelelahan
Rasa lapar
Kadar zat besi yang rendah

 

Kami menyarankan Anda berobat ke dokter untuk menentukan keluhan Anda. Jika jenis vertigo, apakah pada Anda: vertigo perifer atau sentral. Vertigo sentral melibatkan saraf otak oleh karena itu harus segera ditangani. Atau dapat karena penyebab lainnya seperti Tension Type Headache.


Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam Sehat

 

0 Komentar

Belum ada komentar