Sukses

Alergi Susu Sapi

10 Jun 2017, 22:22 WIB
Pria, 24 tahun.

Malam dok,saya baru saja melahirkan sebulan yg lalu,karna asi tidak keluar saya beri sufor Tetapi apakah bayi saya alergi dengan susu sapi?karena dia napas grok2,sering ngulet,badan kadang suka anget,kaki dan tangan sering gemetar,pipi kadang suka merah seperti bentol,sering bab setelah minum susu,rewel.. Lalu solusinya bagaimana ya dok,saya khawatir,apakah memang tidak cocok dengan sufornya,saya kasih lactogen,sgm ananda dan sekarang bebelove masih seperti itu.. Mohon bantuannya,terima kasih dok

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih atas kepercayaan anda berkonsultasi di klikdokter.com

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Alergi susu sapi merupakan reaksi alergi yang melibatkan antibodi IgE terhadap satu atau lebih fraksi protein yang ada di dalam susu. Alergi susu sapi sering dikacaukan dengan intoleransi lakstosa oleh karena gejalanya yang serupa. Bagaimanapun, intoleransi laktosa dan alergi susu sapi tidak berhubungan. Alergi susu sapi adalah reaksi alergi yang dipicu oleh sistem imun, sedangkan intoleransi laktosa terjadi akibat masalah sistem pencernaan.

Anak dapat mengalami gejala alergi susu langsung setelah mengonsumsinya (reaksi cepat) atau muncul setelah beberapa jam atau beberapa hari setelah konsumsi susu (reaksi lambat). Gejala alergi susu sapi biasanya muncul beragam, namun ada 3 gejala yang tersering muncul. Diantaranya adalah:

1. Gejala pada saluran pencernaan (50-80%), seperti sakit perut, mual, muntah dan diare
2. Diikuti dengan gejala pada kulit (20-40%), berupa ruam, bengkak dan gatal pada kulit
3. Saluran pernapasan (4-25%) berupa sesak napas atau mengi

Kami menyarankan anda untuk memeriksakan diri ke dokter spesialis anak. Dokter akan melakukan wawancara mendalam, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang jika diperlukan untuk menegakkan diagnosis. Setelah diagnosis ditegakkan, barulah dokter akan memberikan penanganan yang tepat berupa susu hidrolisat ekstensif atau susu formula asam amino.

Semoga jawaban kami dapat menjawab pertanyaan Anda.
Hormat kami, RF

0 Komentar

Belum ada komentar