Sukses

Bayi Tidak Mau Menyusui Pada Salah Satu Sisi

10 Jun 2017, 21:59 WIB
Pria, 26 tahun.

dokter, saya ingin bertanya, 3hari belakangan ini, bayi saya selalu gelisah dan rewel bahkan menangis ketika saya berikan asi dari payudara kiri saya bayi saya selalu menarik dan melepas hisapannya dan ketika saya pindahkan pada asi sebelah kanan, bayi saya menghisap dengan tenang bahkan sampai tertidur, apa itu ada penjelasa secara ilmiahnya dok? apakah ada masalah dengan asi saya?? Terima kasih dokter

Terima kasih telah bertanya seputar bayi tidak mau menyusui pada salah satu sisi melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Memang terkadang anak dapat lebih menyukai menyusu dari satu payudara tertentu. Hal ini bisa terjadi karena posisi menyusui yang kurang nyaman untuk bayi, ASI pada salah satu payudara terlalu deras, atau malah sulit keluar, dan kondisi tertentu pada puting, seperti misalnya masuk ke dalam. Selain itu bisa juga terjadi infeksi kelenjar susu (engorgement / mastitis) di payudara yang dihindari tersebut. Ciri-ciri mastitis adalah pembengkakan payudara, terdapat benjolan pada payudara yang memerah dan dapat mengeluarkan nanah, terasa nyeri, dan panas. Bila terjadi mastitis maka volume ASI pun dapat berkurang.

Bila tidak terdapat salah satu dari hal diatas, maka biasanya kondisi bayi ibu dapat disebabkan oleh kebiasaan bayi yang dibiasakan menyusu hanya dari salah satu payudara. Ini bisa disebabkan karena posisi pada sisi terbut dirasakan paling nyaman bagi tangan ibu. Trik nya adalah untuk coba menyusui bayi ibu dengan payudara yang buka favorit dengan posisi yang sama seperti ketika minum ASI dari payudara yang disuka.

Untuk memastikan kondisi Anda dan bayi, maka Anda dapat mengkonsultasikan kondisi tersebut di dokter terdekat atau konselor laktasi. 

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai bayi tidak mau menyusui pada salah satu sisi. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar