Sukses

Bercak Putih di Anus

10 Jun 2017, 14:00 WIB
Pria, 20 tahun.

Halo dok, saya mau bertanya. Di sekitar ujung anus saya terdapat bercak putih seperti ketombe. Sebelumnya saya mengalami rasa gatal di ujung anus saya tersbut. Gejala ini sudah berlangsung sekitar 4 hari terakhir. Saya juga mengalami gatal di bagian paha saya namun dia bercak merah. Seperti ruam. Apakah ini tanda penyakit Herpes Zistor?

dr. Ellen Theodora

Dijawab Oleh:

dr. Ellen Theodora

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter.

Sayangnya informasi yang Anda berikan kurang deskriptif. Sebelum menentukan apa kelainan atau gangguan yang menyebabkan keluhan Anda, perlu diperhatikan gejala-gejala yang menyertai dan apakah bertambah buruk atau menyebar, sudah pernah berhubungan seksual atau tidak.

Kami belum dapat mengira-ngira diagnosis dari penyakit Anda. Penting untuk dilakukan pemeriksaan secara langsung untuk mengetahui diagnosis dari penyakit kulit dan kelamin. Lebih baik diperiksakan ke dokter spesialis penyakit kulit dan kelamin. Mungkin diperlukan pemeriksaan penunjang selain pemeriksaan fisik biasa.

Namun, sejelas kami jelaskan mengenai penyakit herpes dapat digolongkan menjadi dua macam yaitu herpes zooster (yang lebih dikenal dengan cacar air) dan herpes simpleks. Keduanya sama-sama disebabkan oleh virus, namun jenis virusnya berbeda, di mana herpes zooster disebabkan oleh virus varicela zoster (VVZ) sedangkan herpes simpleks disebabkan oleh Herpes Simplex Virus (HSV). Perbedaan jenis virus ini tentu saja membuat manifestasi klinisnya juga berbeda.

HSV sendiri ada dua macam meski keduanya dapat saling berhubungan, yaitu tipe 1 yang dikaitkan dengan infeksi di daerah bibir dan rongga mulut dan tipe 2 yang bermanifestasi di genital (alat kelamin). Begitu seseorang terinfeksi HSV baik tipe 1 maupun tipe 2, virus ini akan terus berada di syaraf dalam keadaan laten dan sewaktu-waktu penyakit ini dapat kambuh lagi

Virus varisela-zoster merupakan virus yang sama yang menyebabkan cacar air, untuk itu memang dapat menular. Herpes zoster dapat menular pada mereka yang belum pernah terkena cacar air dan yang akan timbul adalah cacar air bukan herpes zoster. Setelah seseorang terkena cacar air maka orang tersebut dapat terkena herpes zoster bila mengalami stres berlebih atau penurunan daya tahan tubuh. Mereka dengan herpes zoster tidak terlalu menularkan virus seperti mereka yang dengan cacar air. Penularan dapat terjadi melalui kontak langsung dengan kulit yang mengalami lesi karena virus dapat menyebar melalui udara. Untuk itulah, setiap orang dapat tertular. Penularan bukan terjadi secara langsung melalui hubungan seksual (alat kelamin) tetapi melalui kontak kulit dengan kulit yang mengalami herpes zoster. Jika virus ditularkan maka dapat menyebabkan varisela zoster (cacar air), bukan herpes zoster.

Demikian informasi yang dapat Kami berikan. Semoga bermanfaat

Salam sehat,

0 Komentar

Belum ada komentar