Sukses

Mata Merah, Bengkak & Gatal

10 Jun 2017, 13:41 WIB
Wanita, 23 tahun.

Malem dok, sudah 2 hari ini smata saya sakit, bengkak, merah, perih, gatal.. Awalnya kamis pagi masih normal, tapi kamis siang tiba2 mata udah bengkak.. Dan skrg malah berair seperti nangis dok, terus di bagian kelopak mata yang bengkak ada yang putih2 tapi sedikit, kira2 kenapa itu yak dok terus harus di kasih obat apa ? Terimakasih

dr. Ellen Theodora

Dijawab Oleh:

dr. Ellen Theodora

Terimakasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami kekhwatiran yang Anda alami, Sebelum kami menjawab ijinkan kami menjelaskan sedikit mengenai mata merah. Mata merah disebabkan oleh pelebaran pembuluh darah mata. Untuk mengetahui penyebab dari pelebaran tersebut, perlu dibedakan antara pelebaran pembuluh darah silier atau konjungtiva. Pelebaran pembuluh darah silier menunjukkan adanya peradangan pada bagian kornea, iris, atau badan siliaris mata.

Walaupun penyebab mata merah paling sering adalah peradangan konjungtiva karena infeksi bakteri, virus, maupun karena alergi, mata merah dapat juga disebabkan oleh peradangan pada iris, kornea, dan peningkatan tekanan bola mata akut (glaukoma) . Penyebab lain dapat berupa adanya benda asing, trauma, perdarahan di bawah konjungtiva, dll. Karena itu perlu diketahui juga apakah mata merah disertai mata berair, belekan, nyeri, penglihatan silau, penurunan ketajaman penglihatan, dll. Infeksi virus atau bakteri biasanya disertai dengan mata berair maupun belekan.

Sebelumnya perlu beberapa informasi lebih lanjut seperti, apakah penglihatan Anda kabur? Apakah Anda memiliki alergi? Apakah ada orang-orang disekitar lingkungan Anda yang mengalami hal yang serupa seperti Anda? Apakah terdapat penglihatan seperti terowongan yang semakin menyempit?

Namun karena pada kasus Anda disertai nyeri yang sangat mengganggu hingga terasa mata seperti mau copot, kemungkinan karena peningkatan tekanan bola mata yang menekan saraf-saraf disekitar mata.

Kami sarankan Anda segera memeriksakan diri ke dokter mata untuk mendapat penanganan yang optimal. Karena untuk mendiagnosis dan mengobati penyakit mata sangat dibutuhkan pemeriksaan langsung untuk melihat apakah ada kelainan di dalam bola mata atau tidak.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar