Sukses

Darah Keluar Setelah Menstruasi

10 Jun 2017, 11:18 WIB
Pria, 24 tahun.

Keluar Bercak Darah Segar setelah Haid Siang Dok. Saya wanita 24 tahun belum menikah. Saya pekerja Kantoran dengan aktifitas sehari-hari duduk di depan komputer. Saya mau tanya dengan sedikit cerita. Dua hari yang lalu saya selesai menstruasi (haid) dalam kondisi badan kurang fit (panas, dingin, pusing, pinggang nyeri) minum obat kandungan “Paracetamol”. Pagi tadi setelah makan sahur saya mandi tidak ada yang aneh. Setelah Shubuh saya ketiduran, dari situ saya merasakan aneh pada miss v (dalam keadaan tidur antara sadar dan tidak) saya merasakan kesakitan sampai sulit untuk bergerak. Waktu bangun ke kamar mandi saya kaget ada bercak darah segar menempel di celana dalam (bagian tengah area miss v). Dari situ saya inget mungkin ada kaitan mimpi kesakitan tadi benar. Karena baru kali ini saya merasa cemas, mencoba browsing-browsing mencari tahu apa penyebabnya. Diantara yang saya tangkap penyebabnya faktor kelelahan, stress, sisa darah Haid, penggunaan pil kontrasepsi, sampai kanker rahim. Apa sih Dok, penyebabnya dan bagaimana penyelesaiannya dari keluhan saya? Saya masih kurang puas dengan artikel-artikel tersebut. Mohon penjelasannya. Terima kasih.

Terima kasih telah bertanya tentang Darah Keluar Setelah Menstruasi menggunakan Fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan, berdasarkan keterangan yang Anda berikan nampaknya keluhan Anda belum dapat kami pastikan penyebabnya. Namun keluhan keluarnya darah atau flek-flek yang Anda alami disebut dengan spotting dan hal hal berikut adalah penyebab spotting tersering, yaitu:

1. Kehamilan atau kehamilan ektopik (kehamilan di luar kandungan)
2. Penggunaan kontrasepsi oral
3. Ketidakseimbangan hormon
4. Infeksi pada alat kelamin
5. Pengobatan tertentu (misal: obat pengencer darah)
6. Polip serviks (benjolan pada mulut rahim)
7. Kanker serviks
8. Dysfunctional uterine bleeding (pendarahan akibat hormonal)
9. Endometriosis, adenomyosis (bentuk kelainan pada dinding rahim)
10. Hiperplasia endometrial
11. Pelvic inflammatory disease (penyakit infeksi pada saluran kewanitaan)

Selain itu flek-flek coklat bisa saja merupakan sisa darah menstruasi yang kembali keluar, kondisi ini tidak berbahaya dan tidak memerlukan penanganan khusus jika segera berhenti dan tidak berlangsung lama.

Namun untuk memastikannya Kami sarankan agar dilakukan pemantauan dan jika terjadi lagi, sebaiknya mengunjungi dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Demikian informasi tentang Darah Keluar Setelah Menstruasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar