Sukses

Gusi Berdarah, Nyeri dan Gigi Terlihat Goyang

10 Jun 2017, 00:55 WIB
Pria, 16 tahun.

Dok kenapa ya kadang ² gusi saya berdarah, tapi saya rutin sikat gigi ,dan rasanya gigi nyeri ,dan gigi saya kelihatan kaya ogak

Terimakasih telah bertanya seputar gusi berdarah, nyeri dan gigi terlihat goyang melalui fitur Tanya Dokter.

Sebelum menjawab pertanyaan anda, ada beberapa hal yang perlu kami tanyakan. Kapan anda terakhir membersihkan karang gigi ke dokter gigi? Apakah lebih dari 1 tahun? Gusi yang berdarah adalah salah satu tanda peradangan gusi. Tanda lainnya adalah gusi bengkak dan berwarna lebih merah dari jaringan lunak sekitarnya. Peradangan gusi atau yang dalam bahasa kedokteran disebut Gingivitis dapat disebabkan oleh beberapa hal:

- Yang utama adalah kebersihan mulut yang buruk, di mana banyak akumulasi plak di permukaan gigi yang menjadi tempat berkembang biaknya bakteri.
- Gusi juga menjadi lebih mudah berdarah bila di sekitar leher gigi banyak terdapat kalkulus atau karang gigi. Karang gigi yang menumpuk lama kelamaan bisa menyebabkan gigi goyang, karena perlekatan gusi dengan gigi dirusak oleh karang gigi yang tidak dibersihkan.
- Adanya perubahan hormonal juga dapat menyebabkan gusi mudah berdarah, namun utamanya terjadi pada wanita, misalnya saat sedang hamil.
- Konsumsi obat-obatan tertentu dapat menyebabkan peradangan gusi, seperti obat anti konvulsan (epilepsi), pain kllers, atau perawatan seperti kemo atau radioterapi
- Trauma atau cedera, misalnya penggunaan tusuk gigi yang berlebihan.
- Defisiensi/kekurangan zat gizi tertentu seperti vitamin K dan C
- Penyakit sistemik, seperti penyakit liver, ginjal, atau diabetes dapat bermanifestasi dalam rongga mulut dalam bentuk gusi berdarah.

Untuk mengetahui secara pasti penyebab keluhan gusi berdarah, kami sarankan agar Anda segera periksakan ke dokter gigi dan lakukan pembersihan karang sebagai terapi awal. Selanjutnya anda harus merencanakan perawatan selanjutnya dengan dokter gigi anda untuk menangani gigi mulai yang goyang.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai gusi berdarah, nyeri dan gigi terlihat goyang, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar