Sukses

Keguguran Tanpa Kuret

10 Jun 2017, 01:35 WIB
Pria, 28 tahun.

Pada bln mai tgl 24. Istri saya keguguran tanpa kuret. Setelah 1bln kami baru Hb. Tapi kenapa setiap selesai Hb. Ada bercak datah keluar dari vagina istri saya.

Terima kasih sudah bertanya menggunakan fitur tanya dokter di Klikdokter.
Kami mohon maaf atas keterlambatan menjawab pertanyaan anda.

Sudahkah Istri anda melakukan USG untuk mengetahui sisa jaringan? Sudahkah dia berkonsultasi dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan? Apakah penyebab dari keguguran Istri Anda?

Kuret merupakan tindakan medis yang bertujuan untuk mengambil dan membersihkan sisa perdarahan atau jaringan yang masih ada dan menempel pada dinding rahim. Jika lewat pemeriksaan sudah tidak ada sisa jaringan atau perdarahan di dalam rahim maka tidak diperlukan kuret.

Untuk memastikan apakah sisa jaringan di dalam rahim sudah bersih adalah dengan melakukan pemeriksaan fisik kembali dan pemeriksaan penunjang seperti USG Abdomen atau USG Transvaginal. Jika memang masih ada sisa jaringan, dokter akan memutuskan apakah diperlukan tindakan kuretase atau digunakan obat-obatan. Apabila memang tidak ada sisa jaringan setelah diperiksa oleh dokter, maka tidak masalah jika tidak dilakukan kuretase dan menggunakan obat. Jika tidak terdapat gangguan pada rahim, maka Anda tidak perlu khawatir karena seorang wanita dengan organ reproduksi yang sehat yang memiliki riwayat keguguran dapat kembali hamil.

Untuk memastikan kondisi organ reproduksi Istri Anda, kami sarankan berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.


Bila keluhan darah keluar setelah berhubungan kemungkinan hal tersebut adalah post coital bleeding. Perdarahan setelah berhubungan seksual atau postcoital bleeding dapat terjadi karena beberapa alasan. Perdarahan pasca berhubungan seksual juga dapat terjadi karena adanya erosi di vagina dikarenakan baru pertama kali berhubungan atau berhubungan seksual belum terlalu sering sehingga vagina masih sempit, akibatnya penetrasi (penis masuk ke vagina), terutama bila wanita masih belum penuh terangsang dapat menyebabkan gesekan yang mengakibatkan luka atau lecet.

Apabila perdarahan yang timbul hanya sedikit dan tidak berlanjut, Anda tidak perlu merasa khawatir karena mungkin perdarahan tersebut timbul akibat robekan pada vagina (misal karena kekeringan, kondom, gesekan kuat, kuku jari, dsb). Namun lebih baik sementara ini Anda tidak melakukan hubungan seksual, mengingat bakteri vagina dapat menginfeksi luka tersebut.

Sebaiknya Anda berkonsultasi ke dokter spesialis kandungan dan kebidangan untuk mendapatkan tatalaksana lebih lanjut.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

Salam,

Tim Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar