Sukses

Bolehkah Berkumur Dengan Larutan Kumur Setelah Cabut Gigi

10 Jun 2017, 00:41 WIB
Pria, 26 tahun.

saya mau tanya Dok, dua hari yang lalu saya telah melakukan pencabutan Gigi Graham. apakah diperbolehkan selama bekas pencabutan gigi nya belum sembuh total ( masih bolong) berkumur pakai betadine obat kumur? atau ada rekomended untuk jenis obat kumur selama masih sembuh? . terima kasih

Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terimakasih telah bertanya seputar bolehkah berkumur dengan larutan kumur setelah cabut gigi melalui fitur Tanya Dokter.

Setelah anda melakukan pencabutan gigi ada beberapa instruksi yang perlu dipatuhi agar tidak terjadi komplikasi, antara lain:

- Jangan minum atau makan makanan yang panas, karena dapat memperpanjang terjadinya perdarahan.

- Jangan sering berkumur-kumur dan jangan berkumur dengan keras karena dapat melepas bekuan darah yang baru terbentuk. Termasuk berkumur dengan larutan antiseptik, jika ingin membersihkan sisa makanan yang tertinggal di sela-sela gigi setelah makan, bisa berkumur ringan 1-2 kali dengan obat kumur antiseptik yang mengandung povidone iodine. Tidak perlu selalu berkumur setelah menyikat gigi.

- Jangan sering menghisap-hisap luka bekas pencabutan, karena dapat melepas bekuan darah keluar dari socketnya.

- Jangan sering menyenggol atau memain-mainkan luka bekas pencabutan dengan lidah.

- Usahakan minum minuman yang dingin untuk membantu menghentikan perdarahan.

- Usahakan untuk sementara mengunyah makanan di sisi gigi satunya sampai lubang bekas pencabutan mulai menutup.

 

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai bolehkah berkumur dengan larutan kumur setelah cabut gigi, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar