Sukses

Apakah Antibiotik Menyebabkan Keputihan?

10 Jun 2017, 01:35 WIB
Wanita, 21 tahun.

Dok saya mau bertanya, sy diah umut 21tahun. Saya sedang minum antibiotik Claneksi 500. Setelah minum itu sy mengalami keputihan dan terasa gatal. Obat antibiotik sy itu tinggal 2x minum lg. Apa saya tidak cocok dengan antibiotik tersebut? Dan apa yg sy harus lakukan untuk mengurangi rasa gatal dan keputihannya?

Terima kasih sudah bertanya menggunakan fitur tanya dokter di Klikdokter.
Kami mohon maaf atas keterlambatan menjawab pertanyaan anda.

Dari riwayat yang Anda ceritakan, Anda telah meminum antibiotik Claneksi yang berisi antibiotik Co-Amoxiclav. Pada sebagian wanita, antibiotik dapat mengganggu keseimbangan normal bakteri dan jamur yang hidup di vagina. Dalam hal ini bakteri Gardnerella vaginalis dan jamur Candida albicans. Keseimbangan keduanya penting untuk menjaga kebersihan dan derajat keasaman (pH) vagina. Bila salah satunya berkurang, pertumbuhan yang lain akan berlebih sehingga menimbulkan keputihan.

Penggunaan antibiotik dapat mematikan bakteri Gardnerella vaginalis sehingga jamur Candida bertumbuh banyak. Pertumbuhan yang berlebihan ini menimbulkan keputihan yang lengket, berbiji kasar, seperti kepala susu. Biasanya juga disertai rasa gatal, bau asam, kemerahan hingga perih pada permukaan vagina dan sekitarnya.

Untuk mengatasinya, biasanya diperlukan pemberian obat antijamur intravaginal, yaitu Nystatin.

Selengkapnya dapat Anda baca di sini: Keputihan, Bagaimana Solusinya?.

Kami sarankan agar Anda berkonsultasi kembali dengan dokter yang mengobati Anda. Sampaikan keluhan ini agar pengobatannya tuntas dan tidak berulang kembali.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar