Sukses

Mengatasi Nyeri Berlebihan Saat Haid

10 Jun 2017, 01:22 WIB
Pria, 31 tahun.

hallo dok,,sy mau tanya,,apa yang menyebabkan nyeri berlebihan saat menstruasi?? setiap datang bulan saya selalu tidak bisa beraktivitas dokter, dikarena nyeri d perut, dan sampai muntah dok, maaf sblumnya,,itu normal atau bagaimana ya dok,,mksh.

Terima kasih telah bertanya seputar nyeri berlebihan saat haid melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Yang Anda alami dapat disebut sebagai gejala pre-menstruasi. Bila gejala tersebut mengganggu kehidupan sehari-hari, seperti absen sekolah/kuliah/ bekerja karena nyeri, dll, maka disebut sindroma pre menstrual. Sindroma Pre-Menstruasi atau PMS adalah sekumpulan gejala fisik & mental yang mengganggu kehidupan sehari-hari yang dialami sebelum menstruasi dan menghilang beberapa hari setelah menstruasi.

PMS normal dirasakan dari 2 minggu sampai beberapa hari sebelum menstruasi dimual. Gejala-gejala premenstruasi tersebut muncul pada fase luteal, atau fase dimana rahim menebal pada masa dimulainya ovulasi dan berakhir dengan dimulainya menstruasi. Sehingga bila PMS Anda terjadi 2 minggu sebelum menstruasi, ini masih bisa dikatakan normal.

Gejala PMS meliputi gejala fisik dan emosional. Gejala fisik dapat berupa nyeri kepala, lelah, nyeri otot atau sendi, nyeri pada payudara, wajah berjerawat, susah BAB, dan sebagainya.

Sedangkan perubahan dari sisi emosional termasuk gangguan cemas, rasa sedih, perubahan mood (menjadi lebih sensitif, mudah marah, mudah tersinggung), perubahan selera makan (menjadi lebih banyak atau lebih sedikit), susah tidur, dan sulit berkonsentrasi.

Berikut beberapa cara untuk mengatasi nyeri haid yang dapat Anda lakukan:

1. Mengonsumsi obat antinyeri
Obat antinyeri yang disarankan untuk dikonsumsi adalah obat antinyeri yang memiliki kandungan parasetamol dan hyoscyami. Pasalnya, obat antinyeri yang mengandung kedua kandungan tersebut sangat efektif untuk membantu mengatasi rasa nyeri dan kram perut yang Anda alami saat haid.

2. Rutin melakukan olahraga
Wanita yang rutin melakukan olahraga terbukti dapat mengurangi nyeri saat haid. Dengan latihan fisik atau berolahraga secara teratur, peredaran darah Anda akan semakin lancar dan tubuh akan menghasilkan hormon endorphin yang dapat mengurangi rasa sakit

3. Konsumsi obat kontrasepsi
Penggunaan obat kontrasepsi ini dapat membantu mengurangi rasa nyeri saat haid namun harus di bawah pengawasan dokter.

4. Kompres hangat
Saat nyeri haid terjadi, kompres hangat bisa menjadi solusi. Kompres bagian bawah perut dan pinggang dengan air hangat yang diisi di dalam botol atau wadah. Saat dikompres, otot-otot rahim yang berkontraksi dapat sedikit rileks sehingga dapat mengurangi rasa sakit.

Saat nyeri haid terjadi, selain melakukan beberapa cara di atas, Anda juga dapat melakukan beberapa cara lain, yakni:

1. Berendam air hangat
2. Istirahat cukup
3. Menghindari makanan yang mengandung tinggi garam dan kafein
4. Menghindari rokok dan alkohol
5. Pijat di bagian pinggang

Bila gejala-gejala tersebut memakan waktu lebih panjang dan mengganggu kehidupan lebih dari biasanya, maka kami sarankan untuk menemui dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk dilakukan pemeriksaan yang lebih menyeluruh.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai nyeri berlebihan saat haid. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar