Sukses

Pilek Tak Kunjung Sembuh

10 Jun 2017, 00:36 WIB
Wanita, 24 tahun.

Aku mau tanya. Saya sudah sering pilek dan tidak sembuh2.. Terus lendir banyak, buat saya kadang susah bernafas. Mohon di beri penjelasan

Terima kasih sudah bertanya menggunakan fitur tanya dokter di Klikdokter.
Kami mohon maaf atas keterlambatan menjawab pertanyaan anda.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Sebelumnya izinkan kami menanyakan beberapa pertanyaan. Apakah sebelumnya Anda sering mengalami pilek yang lama sembuh? apakah Anda sering bersin di pagi hari? apakah terdapat pemicu pilek? apakah Anda memiliki riwayat alergi? apakah disertai hidung tersumbat? batuk? demam?Apa warna lendir pilek Anda? Bagaimana dengan aktivitas Anda sehari-hari? Apakah Anda sering lelah?

Flu atau influenza seharusnya disebabkan oleh infeksi virus influenza. TJadi tidak semua pilek dikatakan flu.

Pilek yang Anda alami dapat merupakan suatu gejala dari infeksi saluran pernafasan yang disebabkan oleh bakteri atau virus dan alergi.

Jika keluhan pilek sudah lama Anda rasakan, bisa jadi penyebabnya adalah alergi. Pada rinitis alergi, perlu dicari apa yang menyebabkan terjadinya alergi tersebut dan dilakukan penghindaran agar kejadian alergi tidak terjadi berulang-ulang. Mungkin penyebab pilek Anda belum sepenuhnya terhindari atau ada hal lain yang menyebabkan pilek Anda. Apakah Anda tidur di ruangan ber-AC? Apakah AC sudah dibersihkan?

Untuk pilek karena alergi kemungkinan sering kambuh di pagi hari, atau di saat udara dingin atau perubahan cuaca. Coba saja teruskan teknik tersebut untuk beberapa hari dan perbanyak istirahat. Anda juga dapat mengkonsumsi obat-obatan untuk pilek seperti anti-histamine atau pseduoefedrine.

Bila memang belum sembuh maka kemungkinan juga disebabkan oleh infkesi bakteri. Namun infeksi ini ditandai dengan demam, reak/pilek bewarna hijau, sesak, batuk yang berat, dan perburukan kondisi. Bila terjadi hal ini maka diperlukan antibiotik.

Satu lagi penyebab pilek tak kunjung sembuh adalah sinusitis. Pada sinusitis terdapat lendir kental dan umumnya berbau, disertai adanya sensasi lendir yang menetes dari hidung ke kerongkongan /post nasal drip. Jika sudah terdapat lendir pada daerah hidung dan kerongkongan, tentunya Anda akan sulit bernapas, terasa nyeri pada daerah wajah, dan keluhan tidak nyaman di daerah sekitar wajah.

Sinusitis sebenarnya merupakan inflamasi dari sinus paranasal yang terletak pada tulang tengkorak manusia. Sinus paranasal terdiri dari sinusitis maksila, sinusitis etmoid, sinusistis frontal dan sinusitis sphenoid. Yang terkena dapat kedua belah sinus atau hanya kiri atau kanan saja. Maka keluhan pun hanya dapat terjadi belahan wajah di mana sinusitis terjadi.

Bagaimana dengan Anda?

Beberapa faktor yang dapat mencetuskan terjadinya sinusitis adalah:

Obstruksi mekanik, seperti deviasi septum, pembesaran konka, benda asing di hidung, polip hingga tumor di hidung
Rhinitis alergika, yang ditandai dengan sering bersin di pagi hari
Lingkungan : polusi, udara dingin dan kering

Jika, keluhan pilek tidak menghilang juga maka kami sarankan Anda mengunjungi dokter spesialis THT untuk wawancara medis mendetil, pemeriksaan fisik lengkap dan pemeriksaan penunjang yang diperlukan. Yang dapat Anda lakukan saat ini adalah tetap menjaga daya tahan tubuh Anda dengan cukup tidur/istirahat, makan makanan dengan gizi seimbang, perbanyak konsumsi buah dan sayuran tertuatam yang mengandung vitamin C karena dapat berfungsi sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas, olahraga teratur.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar