Sukses

Apakah Infeksi Hepatitis A Dapat Berulang ?

09 Jun 2017, 23:23 WIB
Wanita, 34 tahun.

Dok...saya mw tanx...waktu umur 7 thn anak saya terkena hepatitis a.....yg saya mw ketahui apakah penyakit tersebut dapat kambuh lg kemudian gejala2 kalau penyakit itu dtng lg sprti apa...untuk dokter ketahui bahwa setelah anak saya selasai pengobatan kmdian dia di vaksin sebanyak 3 kali dgn jeda waktu...trus apa kh saya hrs mberikan vaksin lg kpd anak saya atw sdh cukup dgn vaksin tersebut...lalu hal apa saja yg bisa saya lakukan untuk mencegah timbulx penyakit tersebut...mohon penjelasan sedetail mungkin ya dok....krn saya sgt kwatir jika anak saya sakit meskipun cuma batuk pilek aja....saat nie anak saya sdh berumur 10 thn....

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Terima kasih telah bertanya seputar infeksi hepatitis A melalui fitur Tanya Dokter

Sebelumnya mohon maaf atas keterlambatan penjawaban in.

Hepatitis A merupakan infeksi virus yang terjadi di organ hati. Hepatitis A tergolong penyakit self-limiting disease jadi penyakit ini akan hilang sendiri tanpa memerlukan pengobatan khusus. Tentu dapat sembuh total, namun memerlukan waktu. Tidak lazim orang mengalami hepatitis A berulang, kecuali pada orang lanjut usia. Sekali terkena hepatitis A, Tubuh akan membentuk imunitas terhadap hepatitis A.

Kami sarankan untuk mengikuti jadwal imunisasi yang direkomendasikan oleh IDAI. Untuk menghindari infeksi serupa, pastikan setiap makanan dan minuman yang anak anda konsumsi bersih dan dimasak dengan matang. Seringkali infeksi ini terjadi karena makanan yang tidak bersih, entah itu dari jajanan sekolah atau memasak yang tidak matang, sehingga virus ini masih tetap ada. Selalu pastikan mencuci tangan sebelum menyiapkan makanan, dan ketika anak anda makan, selalu cuci tangna terlebih dahulu.

 

Demikian informasi yang dapat disampaikan seputar infeksi hepatitis A, Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar