Sukses

Pergerakan Janin Yang Normal

09 Jun 2017, 19:21 WIB
Wanita, 25 tahun.

Selamat malam dok. Saya maw tanya saya hamil ank ke 3..tp kehamilan yg ke3 sangat berbeda dgn yg 1 or 2..dimana ank saya yg ke2 ny saya bisa merasa pergerakan debay di usia janin 15 minggu keatas..tpi ank ke 3 saya blm merasa ap2..apa itu baik2 saja. Trima kasih

Terima kasih telah bertanya seputar pergerakan janin melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Gerakan janin dapat dirasakan pada usia kehamilan 15 minggu keatas, umumnya mungkin hanya gerakan-gerakan lembut yang lama kelamaan akan menjadi lebih kuat.

Sampai pada usia kehamilan 28 minggu, gerakan janin belum terlalu bermakna, dalam artian belum dapat menjadi indikator kesehatan seperti layaknya trimester terakhir. Gerakan janin mulai teratur pada usia kehamilan lebih dari 28 minggu. Pada kehamilan trimester ini, karena janin yang belum terlalu besar dan cairan ketuban yang banyak maka janin dapat bergerak cukup aktif bahkan dapat berputar-putar dalam rahim.

Menjelang trimester ketiga, janin dapat membuat gerakan sebanyak 30-40 gerakan per jam. Gerakannya mulai lebih rutin dan umumnya ketika anda dalam kondisi tenang. Apabila anda beraktivitas, gerakan janin justru tidak sebanyak biasanya. Menjelang minggu ke-36 sampai akhir, posisi janin yang sudah memenuhi ruangan rahim justru menyebabkan janin tidak banyak bergerak karena ruang gerak yang sempit. Paling tidak rata-rata ibu harus merasakan janin bergerak kira-kira 10 kali dalam 12 jam.

JIka anda tidak merasakan gerakannya maka berbaringlah ke sisi kiri rahim agar rahim tak menekan aorta dan pembuluh darah yang berada di atas rahim. Kemudian belailah perut anda dan cobalah sebelumnya makan makanan ringan dan minum segelas susu. Kondisi ibu yang santai dan tambahan energi dapat membuatnya bergerak.

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa janin sudah dapat mendengar suara sekarang, jadi baik Anda maupun pasangan dapat mencoba berbicara dengan janin Anda untuk semakin menguatkan ikatan batin dengan janin. Janin Anda akan lebih banyak tidur, sekitar 20 jam sehari. Janin justru baru bangun ketika Anda berusaha untuk tidur. Hal inilah yang menyebabkan gerakan janin berkurang disiang hari, dan akan lebih aktif pada malam hari. Apabila hal ini yang terjadi, maka anda tidak perlu khawatir.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai pergerakan janin. Semoga bermanfaat.

 

 

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar