Sukses

Pegal Pada Paha Setelah Melahirkan Cesar (SC)

09 Jun 2017, 13:41 WIB
Wanita, 24 tahun.

Selamat malam dok,saya baru saja melahirkan dengan cara oprasi sesar,saya memiliki skiatika sebelum hamil,setelah melahirkan kedua otot diatas lutut saya terasa berat,pegal banget rasanya,tp untuk skiatika sudah tidak terasa lagi,saya baru melahirkan sebulan yang lalu,nyeri otot pada lutut saya apakah efek dari oprasi sesar dok?trimakasih

Terima kasih telah bertanya seputar pegal paha setelah melahirkan melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Untuk menentukan apakah Anda benar-benar mengalami nyeri skiatika, maka wawancara dan pemeriksaan fisik yang lebih lengkap dibutuhkan untuk memastikan hal ini. Apakah nyeri terasa menjalar dari pinggang bawah belakang menurun ke paha belakang, bahkan hingga kaki? Apakah disertai rasa kesemutan, terbakar yang juga menjalar seperti gambaran yang sama? Selain itu, dibutuhkan gambaran radiologi (seperti CT-scan atau MRI) yang memperlihatkan gambaran bahwa terdapat gangguan terhadap jalannya saraf skiatika dari tulang belakang, turun ke paha belakang (biasanya berbentuk penyempitan kanal tulang belakang, kerusakan bantalan tulang belakang yang menekan saraf skiatika, pengapuran atau pergerseran tulang belakang, intinya hal-hal yang menyebabkan saraf terganggu hingga menyebabkan iritasi syaraf.

Oleh karena syaraf berjalan dari pinggang bawah belakang, turun ke daerah belakang hingga jempol kaki, maka seharusnya kerusakan pada saraf skiatika ini akan menyebabkan gejala yang menjalar sesuai daerah perjalanannya tersebut. Gejala berkisar dari nyeri, kesemutan, terbakar, baal, dll.

Apakah masih ada nyeri menjalar seperti yang digambarkan diatas? 

Nyeri pada otot paha memang dapat terjadi setelah operasi cesar, karena masalah saraf, otot, atau pun pembuluh darah. Yang paling berbahaya dan mengancam jiwa dari ketiga sumber tersebut adalah masalah pada pembuluh darah pasca melahirkan. Melahirkan dengan cara spontan atau pun operasi, memiliki kemungkinan kecil terjadinya sumbatan pembuluh darah akibat gumpalan darah di pembuluh darah balik dalam tubuh. Biasanya penyumbatan tersebut terjadi di kaki. Penyumbatan ini disebut deep vein thrombosis, atau trombosis vena (DVT). Resiko DVT lebih tinggi sedikit pada ibu melahirkan dengan operasi cesar dibanding kelahiran spontan, dan harus diwaspadai terutama 6-8 minggu pasca melahirkan. Gejala DVT meliputi kaki terasa hangat, memerah, nyeri, bengkak, hanya di salah satu kaki. Gejala bisa meliputi betis, kaki belakang, paha, bahkan seluruh kaki, tergantung lokasi gumpalan darah tersebut. 

 

Bila terdapat gejala DVT seperti diatas maka sebaiknya segera konsultasikan kondisi Anda ke dokter spesialis bedah atau pun bedah vaskuler.

Selain DVT, nyeri tersebut dapat juga disebabkan oleh nyeri saraf dan nyeri otot. Keadaan ini biasanya hilang dalam beberapa hari - minggu pasca melahirkan.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menangani pegal-pegal setelah melahirkan, di antaranya pijat, kompres, dan berendam hangat. Berikut penjelasan lengkapnya:

Pijat

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa pijat dapat membantu mengurangi pegal-pegal. Pijatan memberikan sensasi rileks bagi otot-otot tubuh dan melancarkan peredaran darah. Namun pijat tidak boleh dilakukan terlalu keras, karena dapat menimbulkan masalah kesehatan yang serius. Pijat harus dilakukan oleh terapis yang terlatih.

Turunkan berat badan

Punggung atau tulang belakang merupakan penyangga utama berat badan Anda. Selama hamil berat badan Anda bertambah, sehingga makin memberikan beban terhadap punggung. Sebaiknya Anda melakukan diet untuk mengembalikan berat badan Anda ke berat badan semula, namun apabila Anda masih menyusui maka tidak disarankan untuk melakukan diet ketat.

Olahraga

Selain dapat mengembalikan berat badan ideal Anda, olahraga juga dapat membantu otot-otot agar meregang. Dengan begitu akan menghilangkan pegal-pegal pada tubuh. Aktivitas fisik yang terbukti mampu meregangkan otot dengan maksimal adalah yoga.

Kompres dan berendam

Berendam air hangat dan kompres bagian yang pegal menggunakan handuk hangat dapat mengatasi pegal-pegal.

Perbaiki postur tubuh saat mengurus bayi

Perhatikan cara menggendong bayi, cara mengangkat bayi, dan lain-lain. Dengan memperbaiki postur tubuh selama merawat bayi, maka akan mengurangi risiko perburukan.

 Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai pegal paha setelah melahirkan. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat. 

0 Komentar

Belum ada komentar