Sukses

Rasa Panas di Dada Setelah Makan

09 Jun 2017, 16:38 WIB
Pria, 27 tahun.

Malam dokter. Kenapa ya dada saya terasa sesak dan terasa panas dari dalam setelah saya selesai makan dan pada waktu tengah malam dok. Terimakasih

Terimakasih telah bertanya tentang rasa panas di dada setelah makan melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Yang Anda alami dapat merupakan gejala dari asam lambung naik atau GERD (gastroesophageal reflux disease).

Asam lambung bisa meningkat karena beberapa hal, yaitu:

  • Infeksi bakteri
  • Penggunaan antinyeri golongan OAINS (obat anti inflamasi non steroid) seperti ibuprofen, aspirin, piroksikam, meloksikam, metampiron, dll.
  • Konsumsi alkohol berlebihan
  • Merokok
  • Diet tinggi asam, pedas, berlemak
  • Stress psikologis

Untuk mengurangi asam lambung, utamanya dengan menghindari faktor-faktor pencetus di atas. Untuk mengurangi gejala akut dapat mengkonsumsi obat-obat maag. Selain itu, frekuensi makan juga ditambah. Bila sebelumnya 3x sehari, menjadi 5-6x sehari dengan menambahkan jadwal snack di antara waktu makan besar. Prinsipnya adalah small frequent feeding (porsi kecil namun sering).

Bila rasa panas di dada sangat tidak nyaman dan disertai nyeri ulu hati, Anda dapat menggunakan obat-obatan seperti antasida atau sukralfat. Bisa juga dikombinasi dengan obat penurun produksi asam lambung seperti lansoprazole atau omeprazole.

Anda juga dapat mengurangi kekambuhan ini dengan latihan penguatan otot LES (lower esophageal sphincter). (Baca: Latihan Otot Esofagus Untuk Penderita GERD)

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar rasa panas di dada. Semoga bermanfaat. (FA)

 

0 Komentar

Belum ada komentar