Sukses

Badan Anak Kurus

09 Jun 2017, 15:45 WIB
Pria, 21 tahun.

selamat pagi dok, saya mau nanya dok saya punya adik usia 7tahun. adik saya kelihatan kurus banget, entah sakit atau apa . saya takut terjadi penyakit, cuma untuk makan adik saya makan nya nafsu. cuma terlihat kurus sekali dok, saya tanya nafas dia bilang biasa saja. saya sudah perikssa kepuskesmas tapi jawaban nya tidak memuaskan dok. saya minta untuk dirujuk di rs tapi sama pihak puskes tidak dikasih. obat cacing juga sudah diberikan dok. apa ada penyakit selain paru paru dan tbc dok ??

dr. Ellen Theodora

Dijawab Oleh:

dr. Ellen Theodora

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya dokter.

Sayang sekali, Anda tidak mencantumkan informasi lebih detail seperti tinggi dan berat badan adik Anda.

Mengenai tubuh yang kurus perlu diketahui terlebih dahulu berat badan dan tinggi badannya, selama berat badan dan tinggi badan masih berada dalam kisaran normal, jangan khawatir karena penampakan tubuh kurus mungkin terlihat karena anak lebih tinggi daripada anak sebaya yang dikarenakan turunan orang tua.

Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan anak selain faktor genetik adalah faktor asupan nutrisi dan aktivitasnya. Apabila makannya biasa dan aktivitasnya banyak tentu saja berat badannya tidak akan meningkat. Untuk meningkatkan berat badan, yang diperlukan adalah asupan atau input lebih besar dari aktivitas atau output. Bagaimana dengan nafsu makan, asupan makanan dan aktivitas adik Anda?

Apabila adik Anda tergolong aktif, maka makan atau susunya pun harus banyak. Pemberian snack diselang makan besar dapat sering Anda berikan (2-3 jam sekali). Pilihlah makanan sehat yang banyak berkalori tinggi (roti, bubur, kue) dan bukannya makanan jajanan yang tidak bernutrisi (chiki, permen).

Pastikan adik Anda tidur siang dan tidur cukup di malam hari (8-10 jam) guna membangun metabolismenya. Namun yang perlu Anda perhatikan adalah pola makannya, apabila pola makan adik Anda baik, dalam artian banyak makan dan minum susu dan terlihat aktif, maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan dari adik Anda, meskipun berat badannya tidak naik signifikan.

Faktor lainnya juga adalah penyakit terutama penyakit kronis seperti infeksi kronis (infeksi saluran kemih), anemia (kekurangan zat besi), serta hal lain yang bisa menyebabkan gagal tumbuh (adanya kelainan di jantung, hormon, dan sebagainya). 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

0 Komentar

Belum ada komentar