Sukses

Menghilangkan Tanda Lahir

09 Jun 2017, 15:55 WIB
Pria, 20 tahun.

Maaf dok, saya punya tanda lahir di pipi kri warnanya hitam pekat, dan itu sangat menggabggu kepercayaan diri saya saya pernah coba ngilangin pake kapur sirih + sabun colek, awalnya warna hitam di tanda lahir mengelupas, tapi setelah kering warnanya berubah jadi agak coklat mirip bekas luka. Itu cara ngilanginya gimana ya dok?? Apa ada bahan alami buat ngilangin itu? Terus kalo misal gak ada, apa bisa di ilangin pake laser / operasi? Dan kira-kira berapa biaya untuk laser / operasi. Makasih sebelumnya.

dr. Jeannyfer HJ

Dijawab Oleh:

dr. Jeannyfer HJ

Terima kasih telah menggunakan e-konsultasi Tanya Dokter.

Halo, kami memahami kekhawatiran Anda.

Birthmark atau tanda lahir memang kerap terjadi. Secara definisi, tanda lahir merupakan kelainan kulit pada anak baru lahir (neonatus) dimana satu atau lebih komponen normal kulit dijumpai dalam jumlah berlebih. Komponen tersebut dapat berupa pembuluh darah, sel pigmen, folikel rambut, kelenjar keringat, atau komponen kulit lainnya.

Beberapa jenis tanda lahir dapat berupa hemangioma stoberi (pelebaran pembuluh darah), hemangioma kavernosus,port wine stain (pembuluh darah kapiler yang melebar, umumnya terlihat di bagian tengkuk atau muka) , bercak mongolian (bercak rata berwarna biru, biru hitam, atau abu-abu dengan batas tegas), dan bercak cafe au lait (bercak seperti kopi susu).

Tanda kelahiran ini tidak dapat dihilangkan sendiri. Kecuali dengan tindakan bedah/laser. Memang untuk jumlah frekuensi laser untuk menghilangkan tanda lahir sulit untuk kita prediksi, ada beberapa yang dapat hilang dengan 5x, ada yang hingga 10x jadi memang sulit untuk diprediksi, sebaiknya Anda kembali menyakan langsung ke dokter bedah plastik yang melakukan tindakan Anda. 

Terkait dengan biaya, kami tidak dapat menjawabnya disini sebab tergantung dengan instansi dan dokter yang bersangkutan.

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat

Salam Sehat

 

0 Komentar

Belum ada komentar