Sukses

Episiotomi dan Penjahitan Rahim Dalam Proses Melahirkan

09 Jun 2017, 15:54 WIB
Wanita, 25 tahun.

Maaf dok saya ingin bertanya , Jika abis lahiran apa kah harus dijahit rahim ny ..Klo tidak di jahit bisa knpa ya dok ,mksh dok

dr. Jeannyfer HJ

Dijawab Oleh:

dr. Jeannyfer HJ

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di KlikDokter.com

Halo, kami memahami kekhawatiran Anda.

Jenis persalinan apa yang Anda pilih ?

Jika yang anda maksud dengan "dijahit rahimnya" maka persalinan akan dilakukan secara sectio caesar / operasi sesar.

Pada operasi sesar dinding rahim dengan sengaja dilakukan penyayatan sebagai jalan keluar bagi bayi. Dinding rahim wajib dijahit kembali. Tujuannya mengembalikan rahim ke fungsi awalnya semula, selain itu mencegah infeksi dan mempercepat penyembuhan. 

Jika Anda melahirkan secara normal, pada umumnya dokter kandungan akan melakukan episiotomi (pengguntingan dinding vagina dan perieum) untuk kelancaran proses melahirkan. Bekas episiotomi ini akan dijahit kembali. Episiotomi adalah prosedur menggunting jaringan di antara vagina dan anus (disebut juga dengan perineum).

 

Dulu ini merupakan tindakan rutin yang dilakukan pada persalinan normal. Selama ini, para ahli menganggap bahwa episiotomi akan lebih aman bagi ibu melahirkan dibandingkan dengan robekan alami perineum selama melahirkan.

Menilik dari hasil penelitian tersebut, dewasa ini episiotomi tidak lagi dijalankan secara rutin. Meskipun terlihat memiliki banyak efek samping, episiotomi ternyata perlu dan harus dilakukan pada keadaan-keadaan tertentu dalam persalinan.

Pada ibu yang kesulitan dalam melahirkan, dan sudah berada dalam fase tersebut dalam waktu yang cukup lama, episiotomi perlu untuk dilakukan dengan tujuan memperbesar ‘lubang keluar’ sang bayi. Selain itu, prosedur ekstraksi vakum atau forsep yang dilakukan untuk membantu ibu yang kelelahan juga perlu didahului oleh episiotomi.

Apabila dokter memperkirakan taksiran berat janin besar, sungsang, atau pada kehamilan kembar, episiotomi juga perlu dilakukan untuk memperlancar proses persalinan dan mencegah robekan luas perineum. Mempercepat waktu persalinan dalam hal ini sangat penting, untuk keselamatan ibu dan bayi.

Selama ini episiotomi diyakini memiliki beberapa manfaat, seperti mencegah robekan luas pada perineum selama proses melahirkan, mempercepat penyembuhan luka pada perineum, dan menjaga agar otot dasar panggul tetap kuat.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam Sehat

 

0 Komentar

Belum ada komentar