Sukses

Suntik KB dan Kesuburan

09 Jun 2017, 16:38 WIB
Wanita, 24 tahun.

Dok saya mau tanya.saya dan suami kan tinggal jauh2 an dan jangka waktu pulang nya per 3 bulan.diwaktu saya masih bersama saya pakai kb suntik yg per satu bulan.diwaktu saya pakai kb yg per satu bulan itu saya ada dapat haid.tapi kalo suami saya sudah jauh.saya tidak pakai suntik lagi dok.dan saya juga tidak ada dapat haid.yg saya mau tanyakan dok.apakah kalau nanti saya suntik kb diwaktu suami saya pulang.apakah diwaktu itu masa subur saya sangat berpengaruh dok.atau bisa dibilang.hormon saya sangat subur.atau diwaktu saya berhungbungan saya bisa cepat langsung hamil.?mohon bantuan nya dok trima kasih.

Terimakasih telah bertanya tentang suntik KB dan kesuburan melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami keinginan Anda untuk memiliki keturunan.

Kami perlu meluruskan terlebih dahulu bahwa penggunaan suntik KB ditujukan untuk menunda kehamilan. KB pil, suntik, dan implan, ketiganya mengandung hormon yang mirip hormon reproduksi wanita. Pada penggunaan pil KB dan suntik 1 bulan umumnya haid Anda menjadi teratur (jika sebelumnya tidak teratur) dan tetap teratur (jika sebelumnya memang teratur). Berbeda bila Anda menggunakan KB suntik 3 bulan maupun implan. Kandungan hormon dalam KB ini sedikit berbeda, sehingga menyebabkan tidak haid atau hanya flek-flek saja.

Seseorang yang haid secara teratur (tanpa menggunakan KB) menandakan kesuburannya baik. Tetapi, bila haid menjadi teratur karena KB, tidak berarti Anda subur. Itu karena hormon-hormon Anda 'diteraturkan' oleh penggunaan KB hormonal. Karena KB fungsinya menunda kehamilan jadi jelas bahwa kesuburan ditekan.

Jadi, bila Anda ingin hamil, penggunaan KB harus dihentikan. Kalau siklus haid Anda tidak teratur, kemungkinan ada penyebab yang mendasari dan ini bisa mempengaruhi peluang hamil Anda. (Baca:  6 Penyebab Haid Tidak Teratur)

Baca juga:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar suntik KB dan kesuburan. Semoga bermanfaat. (FA)

0 Komentar

Belum ada komentar